Dandim Minta Masyarakat Aktifkan Pos Kamling

Letkol Arm Heri Fujiyanto Dandim 0308/Pariaman menyerahkan Hadiah pemenang lomba pos keamanan lingkungan yang diadakan oleh Koramil 09/Batang Anai.

Padang-today.com – Koramil 09/Batang Anai, mengadakan lomba pos keamanan lingkungan (Pos Kamling), guna memberikan semangat serta menggiatkan keberadaan dan pelaksanaan serta tugas fungsi Pos Kamling, bagian dari memeriahkan HUT RI ke-74, Senin (19/08/2019)

    Letkol Arm Heri Fujiyanto Dandim 0308/Pariaman usai menyerahkan hadiah pada pemenang lomba mengatakan, sangat luar biasa atas acara sambutannya dan merasa terharu,bangga disambut dengan tarian adat setempat,ini adalah Kearifan Daerah.

    “Penilaian lomba Pos Kamling yg diadakan oleh Koramil 09/Batang Anai dan penilaiannya oleh Kodim dan dari Staf Kecamatan Batang Anai tidak ada memihak itulah murni menang terbaik,sebagai Juara,ukurannya bukan Juara tetapi tau bagaimana fungsi dari Pos Kamling yang sebenarnya,”kata dia.

    Selanjutnya bagaimana fungsi Pos kamling mencegah hal-hal yang tidak diingini dalam suatu Nagari,pos kamling tugasnya adalah memberitahukan kalau ada kejadian,fungsinya adalah kalau ada tamu wajib lapor,apalagi kalau ada orang asing yang dari luar daerah atau perantau pulang kampung dia harus melapor ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diingini,kita sadar bahwa ancaman bagi bangsa kita banyak dari berbagai lini  Idiologi,Ekonomi,Sosial dan Budaya itulah sudah mengancam kita,bahkan sekarang Media Sosial (Sosmed) sangat luar biasa pengaruhnya karna apa.

Kita tidak perlu kemana-mana cukup di rumah kita bisa menjelajah kemana-mana kita suka, karena itu perlu adanya penyaringan sehingga kita manfaatkan.

   Menurutnya, Pos Kamling ini di buat untuk keamanan dan ketentraman suatu daerah,diketahui adanya pengedaran Narkoba sekarang ini di wilayah kita khususnya merupakan jalur perlintasan dan jalur pintu masuk dari peredaran Narkoba,karna sudah banyak yang tertangkap ibaratkan gunung Es (diluar kecil tapi di dalam sangat luar biasa),fungsi Pos Kamling dimanfaatkan benar.

“Kita bangga boleh jadi Juara 1 tapi bagaimana memanfaatkan fungsi dari Pos Kamling ini dan harus sesuai dengan kegunaannya,kita harus memiliki insting untuk di asah,kalau ada orang luar harus di tanya bukan kita curigai,ajaklah berbicara dan termasuk orang-orang Asing, harus kita wapadai”, ujar Letkol Arm Heri Fujiyanto .

    Dikatakan, Pos Kamling memiliki banyak fungsi, tidak hanya sebagai pos keamanan lingkungan di suatu permukiman, namun juga sebagai tempat memberikan bantuan atau pertolongan pertama kepada warga.

    Di lain sisi, sambung Letkol Arm Heri Fujiyanto, keberadaan Pos Kamling juga sebagai sarana petunjuk bagi masyarakat atau tempat bertanya, apabila ada warga atau tamu yang kesasar saat mencari alamat di suatu tempat.

    Wali Nagari Sungai Buluh Barat Yonedi,S.Pd mengatakan”Selamat Datang dan ucapan terimakasih kepada Bapak Dandim atas Dinobatkannya Pos Kamling Korong Kali Aie sebagai Juara 1 di Kecamatan Batang Anai dan juga  ucapan banyak terimakasih kepada Babinsa Nagari Sungai Buluh Barat (Peltu Zul Efendi) dan masyarakat Korong Kali Aie yang mendukung Pos Kamling ini menjadi Juara.

   Disi lain, lain Camat Batang Anai juga menyampaikan memberikan Apresiasi atas terpilihnya Nagari Sei Buluh Barat sebagai Juara 1 dalam lomba Pos Kamling se-Kecamatan Batang Anai.

Camat menyampaikan bahwa Korong Kali Aie Nagari Sei Buluh Barat adakah daerah perlintasan di Kecamatan Batang Anai maka dari itu waspada kalau ada orang yang pendatang.

“Maka dari itu pentingnya Pos Kamling, ini atas dukungan dari Danramil 09/Batang Anai dan Babinsanya dalam memberikan semangat, serta lebih menggiatkan keberadaan dan pelaksanaan, serta tugas fungsi Pos Kamling itu sendiri, juga untuk memeriahkan HUT RI ke-74,” ujar Suhardi,S.Sos MM.(aa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas