Danrem: Program TMMD Percepat Pembangunan Daerah

 

Padang-today.com – Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P secara resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019, bertempat di lapangan Jorong Sungai Puar, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, Kamis (8/8)

TMMD ke-105 yang dilaksanakan serentak di enam (6) wilayah Kodim jajaran Kodam I/Bukit Barisan, salah satunya Kodim dibawah Korem 032/Wirabraja yaitu Kodim 0304/Agam juga dilaksanakan serentak di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Nusantara yang merupakan wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya, dalam rangka membantu mempercepat pembangunan di daerah dan tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

Upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke-105 Tahun 2019 di Kodim 0304/ Agam yang mengangkat tema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Panglima Kodam I/Bukit Barisan dalam amanat tertulisnya dibacakan oleh Danrem 032/Wirabraja berharap kepada masyarakat agar senantiasa menjaga dan memelihara hasil pembangunan fisik yang telah dibangun, sehingga dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama bagi masyarakat.

“Teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa masing masing serta jadikan diri sebagai agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar kita untuk mau belajar dan memajukan desa dan wilayahnya,”ucap Brigjen TNI Kunto mengutip amanat tertulis Pangdam I/Bukit Barisan.

Selanjutnya, kepada para prajurit yang tergabung dalam satgas TMMD/N ke-105 Pangdam I/BB berpesan agar menjadikan momen kegiatan TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dalam membantu setiap kesulitan rakyat sekaligus sebagai pendorong motivasi bagi rakyat. “ Karena TNI lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat”.

Danrem menyampaikan selaku penanggung jawab Operasional TMMD/N dirinya mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari Bupati Agam dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama seluruh masyarakat atas segala dukungannya, Sehingga TMMD/N ke-105 ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan.

“Saya ucapkan terima kasih atas selesainya TMMD ke-105 kepada Pemda Agam berkaitan dengan pembukaan jalan sepanjang 2,2 km dan berharap kepada masyarakat agar tetap merawat hasil pembangunan yang telah dilaksanakan ini. Kita akan terus bantu membangun sesuai program yang ada di pemerintahan daerah dan kita terus membangun gotong royong yang terus berjalan, karena Indonesia ada dengan gotong royongnya,”jelas Danrem.

Program fisik TMMD yang dikerjakan di wilayah Kodim 0304/Agam seluruhnya mencapai target 100 persen yang bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat sekitar antara lain, pembukaan jalan serta pengecoran jalan di IV Nagari Koto sepanjang 2,2 Km sekaligus pemasangan gorong gorong dan pemasangan batu saluran air,

Selanjutnya rehab 6 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), rehab kamar mandi dan tempat wudhu 1 unit mushalla. Sementara program nonfisik yang dilakukan diantaranya penyuluhan kesehatan, pertanian, hukum, wawasan kebangsaan (Wasbang), dan lain-lain.

“Semuanya terlaksana dengan baik 100 persen sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama masyarakat dengan cara gotong-royong dan semoga kedepan bisa lebih baik lagi dan apa yang menjadi harapan kita TNI bersama rakyat semakin kuat,” ungkap Letkol Inf Victor Andyka, S.I.P selaku Dansatgas TMMD/N ke-105.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Agam, Dr. Indra Catri, Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, Danlanud Sutan Sutan Sjahrir, Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, Dir. Brimobda Sumbar, Kasiintel Korem 032/Wbr, Kasipers Korem 032/Wbr, Kasiter Korem 032/Wbr Kapolres Agam, Forkopimda Prov. Sumbar, Toga/Tomas Kab Agam. dan para tamu undangan lainnya.

Usai pelaksanaan upacara penutupan Danrem berkesempatan untuk mengecek fisik secara langsung hasil yang telah dicapai oleh satgas TMMD/N ke-105 Kodim 0304/Agam.(aa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas