Danrem: Semua Komponen Mampu Manfaatkan Teknologi

    Padang-today.com  – Brigjen TNI Kunto Arief Wibo Komandan Korem 032/Wirabraja (Danrem) menyampaikan  amanat Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Thahjanto, bahwa setiap komponen harus mampu memanfaatkan teknologi.

   “Pasalnya, perkembangan dunia saat ini telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru,”kata dia..

     Ia menyebutkan, kendati kemajuan teknologi sangat berguna bagi manusia, tapi berdampak distruptif di berbagai bidang.

    “Kemudian, konsep peperangan saat ini tidak lagi terbatas dalam suatu teritorial, sebab telah masuk ke berbagai dimensi. Misalnya, perang siber, perang informasi, hingga perang ideologi,”ujar dia.

    Dalam sambutan yang dibacakannya, meskipun perperangan saat ini dianggap tidak menghancurkan, tapi sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Selain itu, konsep-konsep ini juga mengaburkan filosofi perang konvensional dengen menggeser waktu.

    “Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan non-militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya dalam kondisi apapun. Salah satunya dengan membangun postur TNI, yakni kekuatan dan kemampuan,” jelas Kunto.

    Kunto menyatakan, 74 tahun bukanlah usia yang muda, tapi usia yang membuat TNI pada posisi yang matang untuk menuju kejayaan. Tentu dengan usia itu pula, prajurit TNI dituntut harus lebih professional dan harus mampu membaca segala perubahan sesuai tantangan zaman.

    Apalagi tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang dinamis dan semakin kompleks.

 Bukan  hanya tuntutan profesional dalam tugas saja, tambah dia TNI juga harus mampu meyakinkan semua pihak untuk menjadi kebanggaan rakyat. Hal itu juga sejalan dengan tema pokok HUT ke-74 TNI tahun 2019 “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”, sebab TNI lahir dari rakyat untuk rakyat.

“Dalam usia 74 tahun ini, semua komponen harus saling menguatkan dan bersinergi, baik TNI AD, AL, AU, dan Polri, hingga semua lapisan masyarakat yang ada sebagai kekuatan bernegara,”pungkas Kunto Arief Wibowo.

  Selain itu, ia juga berpesan agar semua jajaran TNI, baik Perwira, Tamtama, harus saling bahu-membahu atau bersinergi membangun kemajuan bangsa. “Tapi jangan lupa, kita harus tetap memperkokoh keimanan, dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa,” tutupnya.

   Hadir dalam upacara HUT ke-75 TNI itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Danlantamal II Padang Laksma TNI  Dafit Santoso, Danlanud Sutan Sjahrir Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, Kajati Sumbar Priyanto, Persit, Jalasenastri, Pia Ardhiya Garini, IKKT  serta unsur TNI-Polri, Forkopimda, dan pejabat instansi lainnya.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas