Danrem Sumbar Buka Gladi Posko

    Padang-today.com – Komandan Korem Sumbar (Danrem) 032/wbr Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo Buka latihan posko I Kodim 0306/50 Kota di aula Makodim Senin (27/5)

    Latihan posko-I Kodim 0306/50 Kota Tahun 2019 dilasanakan selama tiga hari mulai 27sd 29 Mei 2019. Hadir FKPD Kabupaten 50 Kota dan FKPD Kota payakumbuh,dan Parakasirem 032/wbr, Dandim 0305/ Pasaman ,Dandim 0307/TD

   Danrem032/wbr Kunto Arief Wibowo dalam sambutannya menyampaikan sebagai mana kita ketahui bahwa kebijakan pembinaan latihan dari komando atas di arahkan untuk mencapai penguasaan teknik dan taktik militer baik perorangan maupun satuan, guna mengwjudkan kemahiran dan keterampilan prajurit sebagai wujud kesiapan dan kemampuan satuan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan.

   “Disamping itu pula berbagai dinamika dan fenomena  yang dihadapi dilapangan dapat terjadi setiap saat, seperti gangguan  keamanan, kerusuhan sosial maupun ancaman bencana alam yang bisa terjadi setiap saat di wilayah, sehingga memerlukan kesiapan satuan dalam menghadapinya,”kata dia.

   Kunto menjelaskan, kesiapan satuan tersebut tidak hanya dilihat dari segi kesiapan sarana dan prasarana yang dimiliki, akan tetapi yang terpenting adalah kesiapan personel sesuai tugas pokok nya masing-masing dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya,

   “Untuk menjawab tantangan tersebut diatas maka perlu adanya rangkaian kegiatan latihan satuan tingkat Kodim dengan metode latihan posko -I, dimana pada pelaksanaan latihan ini bertujuan untuk melatih Komandan dan Staf dalam prosedur  perencanaan dan pengendalian suatu operasi bantuan TNI kepada pemda dalam rangka penanganan Bencana Alam yang terjadi di wilayah,”ungkap dia.

   Maka sampai dengan saat ini bencana alam belum bisa diprediksi secara akurat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang moderen juga belum mampu memperkirakan kapan waktu akan terjadinya dan sampai seberapa besar dampak kerusakan akibat bencana alam tersebut. Namun setiap terjadi bencana alam sudah dapat dipastikan akan selalu menimbulkan korban jiwa maupun harta benda dan kerusakan infrastruktur lain.

   Untuk menyikapi penomena tersebut di atas maka Kodim 0306/50 Kota selaku satuan Komando kewilayahan agar senantiasa menyiapkan satuannya, baik personel, materil maupun logistik untuk setiap saat siap digerakkan ke daerah yang terdampak bencana dalam rangka membantu Pemda setempat,”tegas Kunto Arief.

    Kunto Arief menambahkan, kesiapan membantu pemda dalam mengatasi bencana alam ini merupakan salah satu tugas pokok TNI dalam Operasi Militer selain perang yang telah diatur dalam UU RI Nomor 34  Tahun 2004 Tentang TNI.

   “Perlu saya tekankan bahwa latihan satuan tingkat Kodim dengan metode  latihan posko -I berjujuan untuk meningkatkan kemampuan prosedur hubungan Komandan dan staf sehingga memiliki bekal pengetahuan dalam melaksanakan tugas pembantuan kepada Pemda dalam penangulagan bencana alam yang terjadi di wilayah tanggung jawabnya,”imbuhnya.(Mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas