Dari Baguak menjadi Tumor

 

Padang, PADANGTODAY.com-Siapa menyangka, penyakit yang berawal dari demam biasa ini harus berbuntut panjang.

Awalnya Hafiz Syukriadi (14), pelajar tahun kedua setingkat SMP di Pesantren Insan Cendikia Payakumbuh, menderita demam panas yang menyebabkan bengkak di bagian lehernya, atau dikenal dalam istilah minang, ‘Baguak’.

Berbeda dengan baguak yang kebanyakan dirasa tidak menyakitkan bagi penderitanya, Hafiz, warga asli Dadok Tunggul Hitam ini, merasa lehernya sakit semenjak menderita baguak. Akibatnya, ia harus libur cukup lama dari sekolah.

Oleh ibunya, Osneti (39) Hafiz dibawa berobat ke Puskesmas. Di Puskesmas, Hafiz mendapat perawatan lumrahnya seperti penderita deman dan baguak pada umumnya. Namun, rasa sakit pada leher tersebut tak kunjung hilang hingga dua minggu.

Hafiz kembali melakukan pemeriksaan. Kali ini, pemeriksaan dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Yarsi, Padang. Oleh pihak Rumah Sakit, penyakit ini didiagnosa sebagai daging tumbuh (tumor ringan), yang harus dioperasi.

“Saya kira awalnya ini demam biasa, tapi ternyata dokter bilang harus di operasi segala,” tutur Osneti saat mengunjungi Graha Kemandirian Dompet Dhuafa Singgalang pada Rabu (29/4).

Awalnya, Ayah Hafiz, Rahman Yasir (47), melakukan pengajuan bantuan pendidikan untuk Hafiz ke Graha Kemandirian Dompet Dhuafa Singgalang.

Namun melihat kondisi Hafiz yang demikian, Bendahara Dompet Dhuafa Singgalag, Fera Zora, yang saat itu bertugas, tergerak untuk mengalihkan permohonan untuk bantuan keshatan.

“Kami fikir penanganan utama yang dibutuhkan Pak Rahman yaitu upaya kesehatan anaknya, makanya kami lebih mendahulukan proses pencairan dana untuk membantu Hafiz agar cepat sembuh,” ungkap Fera.

Bagi sahabat Dompet Dhuafa Singgalang yang ingin membantu Hafiz, dapat melakukan donasi lewat rekening infaq BNI Syariah, atas nama Dompet Dhuafa Singgalang, di nomor 111.000.500.4888. Donasi yang nanti diterima akan langsung disalurkan untuk biaya pengoban Hafiz. (nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*