Dasawisma Dahlia 5 Lingkungan Tanjung Anau Payakumbuh Lima Besar Sumbar

Ketua TP PKK Propinsi Sumbar Nevy Irwan PRayitno bersama Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi menuju kebun hasil dasawisma Dahlia 5 Tj Anau yang masuk 5 besar Dasawisma berprestasi tingkat Sumbar

Ketua TP PKK Propinsi Sumbar Nevy Irwan PRayitno bersama Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi menuju kebun hasil dasawisma Dahlia 5 Tj Anau yang masuk 5 besar Dasawisma berprestasi tingkat Sumbar

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Kelompok Dasawisma Dahlia 5 di Lingkungan Tanjung Anau Kelurahan Ompang Tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh, berhasil masuk nominasi lima besar sebagai dasawisma terbaik tingkat Sumatera Barat tahun 2015 ini.

Terpilihnya Dasawisma Dahlia 5 yang diketuai oleh Ibu Murdia Murhayati (43 th) yang memiliki 3 orang putri ini, karena dinilai berhasil menjalankan 10 program pokok PKK. Selain itu, Murdia juga melakukan inovasi serta terobosan dalam menambah pendapatan ekonomi keluarga dilingkungannya seperti koperasi dan tanaman sayuran lainnya.

Awal januari lalu, Tim penilai telah melakukan penilaian administrasi dan sekaligus penyampaian ekspose tentang kegiatan dasawismanya Dahlia 5 dihadapan tim. Hasilnya, Murdia Hayati masuk dalam nominasi lima besar Sumbar.

Selanjutnya kemampuan Murdia kembali diuji tim penilai Propinsi, pada Selasa (23/2) Tim mengunjungi ke lapangan melihat langsung sejauhmana kegiatan dasawisma dahlia 5 yang dilakukan Murdia dilingkungannya.

Kedatangan Tim penilai Propinsi dipimpin langsung Ketua TP-PKK Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno dengan anggotanya Berjumlah 4 orang. Rombongan disambut Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Muchtar, Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Dr. Heny Riza Falepi, Wakil ketua TP-PKK Ny. Rasyidah Suwandel, Kepala BPMP-KB Harmayunis.

Turut hadir dalam kesempatan ini Sejumlah Pimpinan SKPD, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, Ketua TP-PKK Kecamatan Payakumbuh Utara, Lurah Ompang Tanah Sirah Erizal, para kader dasawisma, Bundo Kanduang, pengurus PKK dan para undangan lainnya.

Ketua TP-PKK Propinsi Ny. Nevi Irwan Prayitno menyebutkan dasawisma merupakan ujung tombak dari PKK dalam menjalankan 10 program pokok PKK yang berada ditingkat paling bawah. Selain itu, dasawisma juga memegang peran penting dalam pemberdayaan masyarakat terutama dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga.

Wakil Walikota Payakumbuh Suwandel Muchtar, menyebutkan keberadaan kelompok Dasawisma sangat membantu dalam kegiatan-kegiatan yang ada di kelurahan baik dalam pendataan maupun dalam penyampaian informasi, sehingga secara berjenjang semua program dapat menyentuh kepada keluarga.

“Terpilihnya ketua dasawisma dahlia 5 Murdia Mulhayati adalah karena telah berbuat banyak dan berperan aktif terutama melaksanakan 10 Program pokok PKK, salah satu yang menonjol dari Murdia adalah, Inovasinya dengan mendirikan koperasi kelompok, memprakarsai pembentukan KWT Dalimo Saiyo, yang hingga saat ini, anggota kelompok dasawisma memperoleh manfaat dari kegiatannya” ujar Wawako.

Sebelum tim meninjau lapangan disampaikan ekspose oleh Ketua TP-PKK Tanjung Anau Idanilwitri.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*