Dengan Waktu Singkat Pengerjaan Proyek DAK Selesai

Bupati Ali Mukhni tinjau ruas jalan Padang-Kajai Hulu Banda Kec. V Koto Timur yang termasuk pada kegiatan DAK Khusus Tambahan Tahun 2016 baru-baru ini.

Bupati Ali Mukhni tinjau ruas jalan Padang-Kajai Hulu Banda Kec. V Koto Timur yang termasuk pada kegiatan DAK Khusus Tambahan Tahun 2016 baru-baru ini.

Padang-today.com__Sebanyak 34 ruas jalan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) khusus tambahan sebesar 46 Milyar yang masuk pada akhir tahun 2016 telah tuntas dikerjakan seluruhnya. Bupati Ali Mukhni apresiasi kepada rekanan yang mempunyai manajemen yang terstruktur dan berkomitmen dalam pelaksanaan pekerjaan agar segera dinikmati masyarakat. Padahal waktu yang tersedia hanya selama dua bulan sehingga butuh kematangan dan metode pekerjaaan yang jelas.

“Alhamdulillah, seluruh ruas jalan dari DAK tuntas 100%. Sekarang masyarakat sudah bisa menikmati sekaligus memacu pertumbuhan ekonomi” kata Bupati Ali Mukhni didampingi Kabag Humas dan Protokol Hendra Aswara di Parit Malintang, Senin 09-01-2017.

Orang nomor satu di Padang Pariaman itu mengatakan bahwa tuntasnya pekerjaan fisik dengan waktu yang sempit itu merupakan bukti dan fakta bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman serius dalam penyerapan anggaran yang diperintahkan oleh Presiden Jokowi.

“Kita juga dapat apresiasi dari Kementerian PU, sebagai daerah terbaik dalam serapan anggaran DAK di Indonesia” kata Peraih Satya Lencana Pembangunan itu.

Sementara Kabid Bina Marga Rahim mengatakan bahwa kunci keberhasilan serapan DAK adalah motivasi dan pengawasan dari Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni secara langsung dan tidak langsung. Bahkan dalam hujan lebat dan malam hari pun, kata Rahim, Bupati Ali Mukhni dating tanpa memberi tahu terlebih dahulu.

“Hampir setiap hari Bapak Bupati berkeliling memonitor pekerjaan fisik di wilayah padang pariaman. Bahkan ketika umroh pun, Beliau selalu kontak dan minta dikirim progress pekerjaan melalui Whatsapp” kata Magister Teknik Sipil itu.

Dikatakannya bahwa secara teknis, rencana tender telah disusun dengan matang oleh Dinas Pekerjaan Umum. Mekanisme tender dengan dengan syarat yang ketat dan metode pekerjaan yang digunakan sehingga rekanan bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum kontrak berakhir.

“Saat ini, pekerjaan tersebut dalam masa pemeliharaan dan perbaikan masih dalam tanggung jawab rekanan selama enam bulan ke depan” kata pria berkacamata itu. ***(sg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*