Deni Asra Resmi Pimpin DPRD Lima Puluh Kota 2019-2024

Deni Asra, Ketua DPRD Lima Puluh Kota

Limapuluh Kota, PADANG-TODAY.com-Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 171-668-2019, tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota yang memutuskan dan menetapkan serta meresmikan pengangkatan Deni Asra, S.Si. dari Fraksi Partai Gerindra sebagai Ketua DPRD.

SK tertanggal 18 September 2019, diiringi dengan Jumat, 20 September 2019 dilaksanakan Rapat Paripurna Peresmian Pengucapan dan Pengambilan Sumpah/Janji Ketua DPRD Limapuluh Kota yang akan diselenggarakan pada jam 09.00 WIB bertempat di Aula DPRD Kabupaten Limapuluh Kota.

“Jika tidak ada aral yang melintang, Jumat (20/9/2019) kita akan laksanakan Rapat Paripurna DPRD dengan dua agenda. Agenda pertama Pengambilan sumpah/janji Ketua DPRD, yang akan dilaksanakan pada Jam 09.00 WIB sampai selesai. Lalu, agenda kedua pengambilan sumpah/janji anggota DPRD H Darlius yang berhalangan hadir karena menunaikan ibadah haji pada saat pengucapan sumpah/janji pada tanggal 6 Agustus 2019 lalu pada jam 14.00 WIB,” ujar M Darmawijaya di ruangan kerja, Kamis (19/9/2019).

“Peresmian selaku Ketua DPRD definitif, sambil menunggu pengumunan dua Wakil Ketua DPRD dari Partai Golkar dan Partai Demokrat yang sampai hari ini belum turun surat penetapannya dari DPP masing-masing,” kata Deni Asra.

Lanjutnya, banyak agenda yang telah menunggu untuk diselesaikan secara maraton. Diantaranya pengambilan sumpah dan janji Saudara H Darlius yang berhalangan hadir di waktu pengambilan sumpah/janji anggota DPRD pada 6 Agustus 2019 lalu karena sedang menunaikan ibadah haji. Lalu, penetapan tata tertib anggota DPRD, Rapat Paripurna Pengumuman Ketua Fraksi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

“Sebab, Anggota Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Bamus) harus ditetapkan segera untuk melaksanakan tugas dan wewenang dewan serta,” papar Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra.

Disamping itu, salah satu peran DPRD yang sangat mendesak dan akan menguras tenaga dan waktu adalah pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2019 yang harus selesai menjelang tanggal 30 September 2019 ini.

“Itu berarti tinggal 10 hari kalender untuk pembahasan APBD-P 2019 yang sangat mendesak sebelum tanggal 30 September 2019, kami akan manfaatkan waktu secara efisien dan efektif,” ujar Deni Asra tokoh muda dari Partai Politik Gerindra yang terkenal ramah ini.

Ditambahkannya, diharapkan kepada pemerintah daerah, minggu depan segera menyampaikan Ranperda tentang perubahan APBD tahun 2019 beserta lampiran-lampirannya. Ini harus diserahkan oleh kepala daerah kepada DPRD untuk mendapat persetujuan bersama.

Penyampaian Ranperda tentang perubahan APBD tersebut disertai nota keuangan tentang perubahan APBD untuk dibahas bersama. Pembahasan ini berpedoman pada Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Perubahan APBD serta Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tentang Perubahan APBD.

“Melalui serangkaian tahapan rapat pandangan umum dan rapat mendengarkan jawaban Bupati terhadap pandangan umum, pembahasan Ranperda perubahan APBD tahun 2019 dengan TAPD dan pendapat akhir untuk dapat kita selesaikan menjelang 30 September 2019,” tukuk Deni Asra berjanji.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas