Deni Irwan, Irigasi Sebagai Penentu Bagi Pertanian

Padang-today.com –  Irigasi merupakan salah satu faktor yang amat menentukan suksesnya pertanian sebab tanpa pengairan yang cukup, sebagian besar tanaman yang menjadi komoditas pertanian tidak akan tumbuh subur dan siap di panen.

Fungsi irigasi pada prinsipnya adalah menambah (suplesi) kekurangan air pada lahan petanian yang diperoleh dari air hujan atau air tanah, karena jumlah air yang diberikan kepada tanaman tidak mencukupi kebutuhan tanaman.

Terkait hal itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, melaksanakan Rehablitasi Jaringan Irigasi untuk mendukung ketersedian air pada daerah irigasi Bandar Kasai Patamuan, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak dengan luas 200 Ha.

Kepala Dinas PUPR Pemkab Padang Pariaman, Deni Irwan  mengatakan, Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung ketersediaan air pada Daerah Irigasi Bandar Kasai Patamuan dengan luas areal 200 Ha sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertanian untuk menjamin kebutuhan pangan bagi masyarakat dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat di tengah Pandemi COVID-19.

“Jaringan irigasi untuk menunjang produktivtas sentra-sentra pertanian dan dapat memberikan manfaat yang nyata di mana air akan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” ujar Deni.

Ia mengatakan, pekerjaan utama pada kegiatan tersebut adalah rehabilitasi bendung dikarenakan bendung yang lama sudah tidak laik fungsi dan ditambah dengan pekerjaan saluran dibeberapa titik lokasi yang sudah mengalami rusak berat.

Dijelaskan, pelaksanaan pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Bandar Kasai Patamuan ini dilaksanakan oleh CV. Mitra Putra Utama dengan nilai kontrak Rp. 792.479.000. Jangka waktu pelaksanaan pekerjaan ini adalah selama 120 hari kalender mulai tanggal 26 Maret 2020 sampai dengan 23 Juli 2020.

Sumber dana kegiatan itu, jelasnya, dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 dimana Kabupaten Padang Pariaman termasuk salah satu dari 4 Kab/Kota yang dapat melanjutkan Kegiatan DAK Bidang Irigasi di Sumatera Barat. (SugeR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas