Desrio: Hukum Harus Berlaku Adil

 

Padang-today.com – Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sumbar Desrio Putra menyatakan, hukum harus berlaku adil, jangan tebang pilih dalam melaksanakan ketentuan.

“Bawaslu dan Gakumdu jangan sampai merusak tatanan hukum,”kata Desrio Putra ketika dihubungi.

Ia menjelaskan, Bawaslu dan Gakkumdu harapan bangsa dalam penyelenggaraan pemilu agar berlangsung dengan baik.

“Silahkan jalankan aturan dengan tegas, adil, tidak memihak dan tidak mau diintervensi oleh pihak manapun,”tegas dia.

Contohnya saja ketika kami gerindra melaporkan resmi kepada bawaslu tentang pelanggaran yang telah dilakukan oleh 10 Bupati / walikota se-Sumatera Barat beberapa waktu lalu yakni melakukan keberpihakan kepada calon presiden nomor urut 01, demikian juga deklarasi dukungan yang dilakukan oleh wali nagari se dharmasraya, kok tidak ada tindakan hukum yang dilakukan?

“Saya fikir Bawaslu / Gakumdu sedang mempertaruhkan integritasnya. Yang nyata-nyata telah melakukan pelanggaran tidak diberikan sanksi karena mungkin ada tekanan dari kekuasaan,”pungkas Desrio.

Dia menambahkan, Caleg tingkat kabupaten yg terpeleset langsung diberikan sanksi ini namanya hukum itu tidak berkeadilan.

“Kalau proses hukum terhadap pelanggaran yg dilakukan oleh caleg caleg lain ataupun juga oleh pejabat lain tidak ditindak, maka kami mengatakan bahwa apa yang dialami surya roza adalah sebuah pendzoliman,”imbuh dia.

Terkait kasus Antoni Surya Roza Caleg Gerindra divonis majelis hakim kasus pidan pemilu, Desrio Putra menyatakan Gerindra sudah melakukan pendampingan kepada caleg kabupaten yang memiliki masalah, Antoni Surya Roza telah mengakui itu adalah sebuah keteledoran tetapi yang bersangkutan menerima putusan pengadilan.

“Ini adalah pengalaman berharga bagi semua caleg pada pemilu 2019 agar lebih berhati hati dalam melakukan kampanye,”kata dia.

Ia menegaskan, Partai Gerindra dari awal telah menjelaskan kepada semua caleg partai gerindra yang ikut berkompetisi dalam pemilu agar melaksanakan semua ketentuan baik Undang-undang, PKPU, atau Perbawaslu.

“Semua kader gerindra harus taat hukum kami yakin tidak hanya surya roza yang telah melakukan kesalahan tetapi pasti ada caleg lain partai lain juga telah melakukan pelanggaran-pelanggaran kampanye,”tegas Desrio.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas