Deswandi ’Inyiak’ Siap Jadi Balon Bupati

Deswandi Inyiak Kabid Binamarga

Deswandi Inyiak Kabid Binamarga

Advertisements

LIMAPULUH KOTA, PADANGTODAY.com– Tak banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota, berani terang-terangan menonjolkan diri akan maju mencalonkan diri sebagai kandidat bakal calon Bupati Limapuluh Kota.

Namun, tidak demikian bagi Deswandi, meski menjabat sebagai Kepala Bidang Binamarga di Dinas Pekerjaan Umum Limapuluh Kota, Deswandi alias Inyiak, putra Batang Tabik, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota itu, secara sportif berani terangan-terangan menyatakan diri akan maju sebagai kandidat bakal calon Bupati Limapuluh Kota periode 2015-2019 mendatang.

”Kalau, nanti, tidak ada satu pun partai politik yang tertarik dan berkenan mengusung saya sebagai bakal calon Bupati, saya akan berusaha maju melalui jalur indenpenden,“ ujar Inyiak berkomentar tanpa pusing menyoal tentang RUU Pilkada yang akan segera final.

Menurut Inyiak, ketertarikan dirinya untuk maju sebagai kandidat bakal calon Bupati, semata-mata termotivasi untuk membangun kampung halaman. “ Sebagai putra daerah, putra Air Tabit, Limapuluh Kota, saya punya keinginan untuk memajukan Kabupaten Limapuluh Kota ke arah yang lebih baik,” ujarnya lagi.

Deswandi Inyiak berpendapat, menjadi seorang kepala daerah tidak perlu tokoh yang hebat-hebat benar dengan setumpuk gelar dipundaknya.

”Sepanjang figur calon itu dinilai cakap dan mampu menjadi pemimpin, maka dia pantas diusung sebagai calon Kepala Daerah.” ulasnya.

Lebih jauh Inyiak mengatakan, saat ini, yang dibutuhkan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota adalah calon pemimpin yang punya Visi dan Misi yang  jelas serta mampu membangun daerah ini.

”Untuk apa calon pemimpin yang hebat dengan pangkat mentereng, jika wawasannya rendah tak punya koneksi dan kemampuan untuk membangun daerah ini” ulas Inyiak berpendapat.

Menurut Inyiak, meski dia belum pernah menjadi pejabat tinggi di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota, namun sebagai staf yang banyak bersentuhan dengan kepentigan masyarakat, dia mengaku tahu betul apa yang diinginkan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, utamanya akar rumput.

Diakui Inyiak bahwa, Kabupaten Limapuluh Kota, punya potensi besar disektor perkebunan, pertanian, peternakan dan pertambangan serta pariwisata.  Sayangnya, potensi besar yang dimiliki bumi Luak Limopuluah itu, tidak digali dan belum digarap secara maksimal.

”Kalau nanti saya diberi amanah sebagai Bupati, saya bertekad akan menggali potensi terpendam itu untuk kesejahteraan masyarakat dan daerah. Sekadar menyebut contoh, Manggani, Pangkalan serta Kapur IX dan Lareh Sago Halaban adalah wilayah kaya pertambangan dan sector perkebunan, sayang belum mendapat perhatian serius pemerintah “ tukuh Inyiak.

Di akhir wawancara Inyiak berharap, agar keinginannya untuk maju sebagai bakal calon Bupati, hendaknya mendapat dukungan positif dari masyarakat termasuk kalangan elit politik yang ada di daerah ini.

”Jujur, jika ditanya sejauh apa keseriusan saya untuk menggapai keinginan maju sebagai kandidat bakal calon Bupati 2015 mendatang, pada kesempatan ini saya tegaskan bahwa, saya  sudah siap lahir dan bathin untuk ikut berpartisipasi dalam bursa pencalonan Bupati dan Wakil Bupati yang tinggal menunggu hari,” ujar Inyiak mengakhiri.(malin​)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*