Di Hari Pahlawan, Mukhlis Rahman Ajak Semua Elemen Perkokoh Persatuan

wako bersama pengikut upacara memberi hormat pada sang merah putih pada upacara hari pahlawan di halaman balaikota pariaman

Kota Pariaman, Padang-today.com__Semangat persatuan dan kesatuan yang dimiliki adalah modal dalam pembangunan. Persatuan dan kesatuan ini pula yang mengantarkan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan.

Ini diungkapkan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman pada saat selaku Instruktur Upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Balai Kota Pariaman, Jumat (10/11/2017).

“Mari perkokoh persatuan dan kesatuan dalam membangun bangsa serta membangkitkan semangat kepahlawanan dalam jiwa segenap anak bangsa,” kata Mukhlis Rahman.

Ia mengatakan, semangat kepahlawan, mesti tetap terpatri di hati sanubari kita, dan dapat merajut kebersamaan dalam kerangka kebhinekaan dan keberagaman, sehingga pengamalan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, semakin memperkokohkan kita dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Seperti yang disampaikan oleh Bung Karno, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, untuk itu, kita sebagai generasi penerus hendaknya dapat mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang bermanfaat,” tuturnya.

Sejarah bangsa kita dalam semangat cinta tanah air, menjaga pusparagamnya dan kebhinekaan kita, para pendiri republik dan pahlawan pendahulu, menuangkan sumbangan pikiran dan gaasan terbaiknya kepada kita semua.

“Mulai dari pendirian Taman Siswa, Sumpah Pemuda, Resolusi Jihad, sampai pertempuran berdarah di bulan November 1945 oleh Bung Tomo, yang menjadi cikal ditetapkanya setiap tanggal 10 november sebagai Hari Pahlawan oleh Pemerintah RI,” ungkapnya ketika membacakan Pidato Menteri Sosial RI, Kofifiah Indar Parawangsa.

Dalam upacara yang diikuti oleh seluruh elemen di Kota Pariaman, Walikota Mukhlis Rahaman membacakan amanat Menteri Sosial, Kofifah Indar Parawansa.

Saat menyampaikan amanat Mensos tersebut, seluruh elemen diajak untuk mengenang para pendahulu, para pahlawan, perintis kemerdekaan, dan pendiri Republik Indonesia. Karena perjuangan mereka, bangsa Indonesia bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka.

“Mari kita mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran serta jiwa mereka berikan untuk bangsa ini,” kata Mukhlis Rahman

“Sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” kata dia.

Tugas kita sebagai penerus perjuangan mereka, hendaknya dapat mengisi kemerdekaan ini, dengan kegiatan yang membangun dan menguatkan kita sebagai bangsa yang besar.

“Mari lakukan apa yang kita bisa berikan sumbangsih kita untuk bumi pertiwi, hendaknya kita dapat semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan, bukan malah gampang dipecah belah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan Ziarah Nasional ke Taman Makam Kusuma Bangsa, Rawang, yang diikuti oleh Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Forkopimda dan jajaran Eselon II di Pemko Pariaman.

Dalam acara ziarah nasional, dilakukan tabur bunga dari semua yang hadir, tampak salah satu veteran perang ikut dalam acara tabur bunga ini. Purnawirawan Hanif Muchtar yang terakhir berpangkat Letkol di TNI AD ini, pernah ikut dalam pasukan Garuda PBB di tahun 1976.

Ia menghimbau kepada para generasi penerus bangsa, untuk dapat terus mengobarkan api semangat kepahlawanan di hati sanubari mereka.

“Dengan kemajuan tekhnologi saat ini, hendaknya semakin memperkuat kita sebagai suatu bangsa yang terdiri dari sabang sampai merauke, jangan sampai malah memecah belah dan gampang terpengaruh berita hoax yang malah merusak sendi keberagaman dan kebhinekaan serta tetap kukuh menjaga NKRI, tutupnya mengakhiri. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*