Di Kelok 44 Rambu-Rambu Masih Kurang

kelok-44AGAM, PADANGTODAY.COM -Keberadaan cermin cambung  dan rambu-rambu lalu lintas sangat dibutuhkan untuk  membantu pengendara melihat kendaraan lain dari arah berlawanan pada setiap tikungan. Namun di kawasan jalan kelok 44 di Kecamatan Tanjungraya dan Kecamatan Matur, keberadaan cermin cembung tersebut masih banyak kurang, khususnya di beberapa tikungan yang dianggap bahaya, apalagi cermin cembung yang telah terpasang sudah banyak yang rusak.

Advertisements

Dinas Perhubungan dan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Agam mengaku, pihaknya telah melakukan pemasangan serta melengkapi Rambu lalu lintas yang berada pada jalur kelok 44 di Kecamatan Tanjung Raya dan Matur.

“Rambu lalu lintas yang berada pada kelok 44 belum memenuhi standar, meskipun masih ada beberapa kekurangan namun  kita tetap mengusulkan ke provinsi. Sementara untuk jumlah spion jalan, kami tidak mengetahui berapa jumlah yang telah terpasang di kelok 44.”ujar Hilman, Sekretaris Dishubkominfo Kabupaten Agam, kepada wartawan, Jumat (3/10).

Dia menambahkan bahwa selain cermin cembung atau kaca spion jalan,  pihak Provinsi  telah memasang rambu lalu lintas, antara lain guardrail, paku marka, dan lampu penerangan jalan agar pengguna jalan bisa melalui jalur tersebut dengan aman, namun keperluan untuk cermin cembung masih sangat dibutuhkan untuk ditempatkan di tujuh kelok lagi.

Dikatakannya, kelok 44 merupakan jalan provinsi. Meski demikian, keadaan jalan masih belum lebar. Pengendara diminta hati-hati melalui
jalur ini, agar keselamatan berkendara selalu tetap terjaga. kondisi jalan yang sempit terkadang memaksa pengguna jalan harus mengambil jalur yang berlawanan saat menikung. Dengan pemasangan paku marka, paling tidak bisa membatu pengemudi untuk menghindari mengambil jalur berlawanan. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*