Di Padang Pariaman, Peringatan HARWAN Ke 72 Tahun 2017 Berlangsung Khidmat

Dua Polres Pemkab Padangpariaman dan Kota Pariaman Tandatangani MoU dengan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman

Padangpariaman, Padang-today.com__Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan – bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia !

Saat ini harapan akan masa depan yang lebih baik tersebut telah ditambatkan oleh Pemerintahan Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Bapak H.M. Jusuf Kalla melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni: “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong – royong.”

Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut NAWA CITA. Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dalam tiga ranah; ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, Pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara akseleratif, berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Petikan Sambutan Menteri Sosial ini dibacakan Inspektur Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Ke 72 Tahun 2017 dipusatkan di lapangan IKK Parit Malintang, Jumat tanggal 10 November 2017 dengan tema “Jadilah Pahlawan Masa Kini Yang Memiliki Kepedulian Terhadap Sesama”, berlangsung khidmat.

Tampak dihadiri Asisten I,II dan II, Pimpinan OPD, jajaran Kodim 0308 Pariaman, Polres dan undangan laiinnya. Upacara bendera ini melibatkan, 1 SST Kodim 0308 Pariaman, 1 SST Polres Pariaman, 1 SST Satpol PP Pemkab Padangpariaman, 1 SST Dishub, 1 SST PNS, 1 SST Pelajar SMA, SMP dan SD, 1 SSK Pramuka. Petugas kesehatan juga telah disiapkan oleh OPD terkait.

Upacara peringatan Hari pahlawan di Padangpariaman juga dirangkai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) Pemda Padang Pariaman dengan Polres Padang Pariaman dan Polres Pariaman tentang Pembinaan dan Pelatihan Calon Peserta Seleksi Penerimaan Anggota Polri Bagi Putra dan Putri Daerah Kabupaten Padang Pariaman Tahun Anggaran 2018.

Sebelum pelaksanaan upacara, didahului dengan acara tabur bunga di Makam Pahlawan Tapakih (dekat tugu batas renville), Kecamatan Sintoga. Upacara, sesuai tema, berjalan dengan sederhana, hikmat dan tertib.
Secara nasional, tema Hari Pahlawan tahun 2017 adalah “PERKOKOH PERSATUAN MEMBANGUN NEGERI”, dengan harapan segenap komponen bangsa Indonesia dapat lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi atau golongan. Terus memelihara persatuan dan kesatuan untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah dengan susah payah didirikan oleh para pendiri negeri ini.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*