Diapresiasi Ketua TP-PKK Pusat, Bagodang Hari Kedua Ditutup dengan Festival Randai

Penampilan Randai dalam Payakumbuh Bagodang 2016

Penampilan Randai dalam Payakumbuh Bagodang 2016

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Dibanjiri oleh masyarakat yang menyaksikan helat Payakumbuh Baralok Godang (Bagodang) 2016, hari kedua gelaran tersebut meraih kata sukses. Rangkaian hari kedua Payakumbuh Bagodang 2016 yang diisi dengan Lomba Busana Muslimah tingkat TK dan SD, Pagelaran Seni Budaya oleh siswa SMP se-Kota Payakumbuh, serta ditutup oleh Festival Randai tingkat Sumbar itu bahkan diapresiasi berbagai kalangan.

Sebelumnya, Kunjungan Ketua Umum TP-PKK Pusat Ny. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo ke Payakumbuh, dalam rangka Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kamis (20/10), turut mengapresiasi Bagodang 2016. Apresiasi itu disampaikan saat pameran industri kerajinan dalam acara  Payakumbuh Bagodang, di Medan nan Bapaneh. Ketua TP-PKK Pusat juga ikut merogoh dompetnya, berbelanja produksi dari Kelompok UPPKS dan UP2K di stand pameran Payakumbuh Bagodang.

Malam di hari kedua Payakumbuh Bagodang 2016 sendiri dipadu dengan 3 (tiga) panggung penampilan  sekaligus. Di panggung II Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah, masyarakat yang hadir disuguhkan pementasan musik-musik tradisional Minangkabau. Instrumen seperti tabuhan gendang dan alat musik lainnya saling taut-menaut.

Penampilan randai dari berbagai daerah di Sumatera Barat juga ikut unjuk kebolehan. Kelompok randai tidak hanya berasal dari Payakumbuh, tapi juga Sawahlunto, Limapuluh Kota, serta daerah lainnya ikut berpartisipasi. Para penonton berdecak kagum dan memberi tepuk tangan saat penampilan disertai dengan dialog dan atraksi tepukan-tempukan khas penampilan randai. Terakhir dalam malam hari kedua, ditampilkan kesenian tradisional rabab. Beragam narasi yang disampaikan menyertai bunyi gesekan dawai rabab oleh para penampil.

Payakumbuh Bagodang 2016 pagi hari ini, Jumat (21/10) akan dimeriahkan dengan penampilan Paket Pagelaran Tingkat SD/MI se-Kota Payakumbuh. Paket Pagelaran tersebut akan dilaksanakan serentak dengan Lomba Tari Kreasi tingkat SMP/MTs yang dimulai pada pukul 09.00 WIB.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*