Dibantu Anggota TNI, 3 Tersangka Dibekuk Satres Narkoba Tanah Datar, Diduga Sabu Dipasok Oknum Anggota Polisi

Fhoto : Ketiga pelaku masing masing Bambang (21), Ance (29) dan Rido (29) saat diperiksa penyidik Narkoba Polres Tanah Datar. Tersangka mengaku sabu yang dimilikinya berasal dari oknum anggota polisi. 
Insert : Barang bukti sabu sebanyak 9 paket dan hp milik ketiga pelaku.(ddy)

Tanah Datar, www.padang-today.com,- Satres Narkoba Polres Tanah Datar kembali menangkap 3 (tiga) orang diduga pelaku tindak pidana narkotika, Jumat (03/03/18) sekitar pukul 20.00 Wib malam.

Penangkapan ketiganya tidak hanya dilakukan oleh pihak kepolisian, namun juga dibantu oleh anggota Kodim 03/07 TD. Al hasil, masing-masing pelaku yakni Bambang (21), Ance (29) keduanya warga Jorong Tiga Batur Nagari Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab dan Rido (27) warga Jorong Padang Datar Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar dapat diamankan dengan barang bukti narkotika sabu sebanyak 8 paket kecil seharga Rp 200 ribu dan slip bukti pengiriman uang Bank BRI, 1 paket seharga Rp 300 ribu serta 3 buah handphone yang digunakan ketika pelaku.

Selain itu, kepada penyidik salah sorang tersangka Rido mengakui jika sabu tersebut berasal dari salah seorang oknum anggota polisi berpangkat yang saat ini masih dalam penyelidikan Polres Tanah Datar.

Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas didampingi Kasat Narkoba AKP. Syafrinal kepada www.padang-today.com, Sabtu (04/03/18) mengakui jika ketiga pelaku ditangkap berdasarkan dari informasi masyarakat juga, dan hari itu juga langsung ditindak lanjuti.

“Ketiganya, ditangkap di hari yang sama dibeberapa tempat yang berbeda, awalnya si Bambang ini kita tangkap sempat mengelak karena tidak ditemukan barang bukti, sempat dibuang sebelum kami datang. Namun kejelian anggota menyisir lokasi, ditemukan sabu yang dia beli melalui Ance yang ditangkap di pinggir jalan sedang menunggu pembeli,” kata Kapolres.

Setelah dilakukan pengembangan, ucap Bayuaji, Ance mengaku memesan sabu kepada Rido yang ditangkap di dekat rumahnya sedang memancing di bandar pinggir jalan.

Kapolres tidak menampik, jika sabu yang disita oleh penyidik, dimiliki oleh tersangka Rido. Informasi dari tersangka jika sabu dipasok oleh salah seorang oknum anggota polisi. Dari sebuah slip transfer uang sejumlah Rp 1 juta, pihaknya melakukan pengembangan lebih dalam.

“Dari pengakuan tersangka ini, dan bukti bukti yang diperoleh, kami akan melakukan berkoordinasi, apa betul pengakuan tersangka ini,” tutur Kapolres Bayuaji.

Dikatakan AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, ketiga pelaku beserta barang buktinya saat ini sudah diamankan di Mapolres Tanah Datar guna proses penyelidikan lebih lanjut.

“Terhadap para tersangka ini dapat disangkakan melanggar pasal 114 ayat ( 1) yo pasal 112 ayat (1) yo pasal 127 ayat (1) dengan ancaman kurungan penjara bisa mencapai 20 tahun,” pungkasnya.(ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*