Dibawah Binaan TP PKK Agam, Kelompok Usaha Keluarga Mampu Ciptakan Berbagai Olahan Kerupuk Ubi

NY Vita Indra Catri mengemas kue.

NY Vita Indra Catri mengemas kue.

AGAM, PADANGTODAY.com-Berbagai jenis makanan olahan berhasil dikembangkan oleh kelompok usaha keluarga dibawah binaan PKK Kabupaten Agam, salah satunya Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Usaha Bersama jorong Bancah Taleh, Nagari Garagahan yang  berhasil mengubah  tanaman ubi kayu menjadi berbagai jenis makanan dengan nilai ekonomi tinggi.  Sebelum di bina oleh TP PKK Agam , Kelompok usaha ini hanya mampu  mengolah tanaman ubi kayu menjadi kerupuk ubi biasa.

Namun, semenjak mendapat pelatihan dan pembinaan dari TP PKK Kabupaten Agam, kelompok tersebut berhasil mengolah ubi kayu menjadi bermacam jenis makanan, yang lebih memiliki cita rasa dan gizi yang tinggi serta memiliki nilai jual tinggi.

Ada 6 jenis olahan makanan yang berhasil diciptakan oleh kelompok UP2K Usaha Bersama. dengan menggunakan bahan dari kebun sendiri serta tambak ikan, kelompok ini berhasil mengolah kerupuk ubi menjadi berbagai macam olahan, seperti Kerupuk Bulan (Kerupuk Ubi), Kerupuk Ragginang Prokha Nila (Kerupuk ubi yang dikombinasikan dengan daging ikan nila), Rollade Ubi Manyo, Onde-Onde Ubi Pelangi, Stick Prokha Ebi serta Kerupuk U-Jenk, adalah produksi kelompok UP2K Usaha Bersama semenjak dibina oleh TP PKK Kabupaten Agam dalam 6 bulan terakhir.

“Semenjak mendapat pelatihan dan pembinaan dari TP PKK Kabupaten Agam, sudah banyak produk yang bisa kami buat, karena disamping medapatkan pembinaan langsung, kami juga di suport oleh berbagai SKPD di Agam untuk mengembangkan usaha kami ini. Memang, ” Ujar Epi Yeni, pengurus Kelompok Usaha Bersama.

Kedepan, Epi Yeni dan para pengurus serta anggota kelompok Usaha Bersama, akan terus berupaya meningkatkan produk mereka, sehingga perekonomian keluarga meningkat.  ” Kami akan kembangkan produk ini, sehingga bisa menambah penghasilan bagi kelompok dan terutama bagi keluarga dan dapat menambah pendapatan perekonomian masyarakat.” tambahnya.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*