Dibuka Wakil Walikota Suwandel PWMF Hangatkan Publik Kota Batiah

Wawako Suwandel mukhtar menerima Selendang dari kepala dinas pariwisata kota jambi.

Wawako Suwandel mukhtar menerima Selendang dari kepala dinas pariwisata kota jambi.

Advertisements

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Payakumbuh World Music Festival (PWMF) III/2014, di Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah Payakumbuh, selama tiga hari, 6-8 November, dibuka Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, Kamis (6/11) malam. Meski sempat diguyur hujan, tapi penampilan empat grup musik peserta, satu di antaranya Paolo Rossi dari Itali, membuat kota Payakumbuh menjadi hangat. Ratusan publik musik Kota Batiah, tumpah di Medan nan Bapaneh, menikmati hangatnya musik penuh kreasi itu.

Empat pimpinan grup musik dunia yang hadir dalam acara pembukaan PWMF III/2014, memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan iven musik internasional itu. “Payakumbuh hebat, Payakumbuh beutiful, mampu mengundang kami datang kesini,” ucap pimpinan grup Jepang, Srilangka, Amerika dan Itali di depan ratusan publik Payakumbuh.

Malahan Kadis Pariwisata Kota Jambi yang datang membawa grup musiknya, juga menyampaikan keinginannya akan menggelar acara yang sama di Jambi tahun 2015 nanti. “Kami datang kesini tidak hanya ikut festival, tapi juga belajar bagaimana membuat iven musik berkelas dunia ini. Karena, tahun depan Jambi juga akan menggelar Jambi World Music Festival. Datang ya pa walikota dan wawako,” kata Kadis Pariwisata Jambi, Vetmaizar Wetra.

Sebagai tanda jalinan kasih, Kadis Pariwisata Jambi Vetmaizar Wetra menyerahkan selendang khas Kota Jambi kepada Wawako H. Suwadel Muchtar, Wakil Ketua DPRD Wilman Singkuan, Wakapolresta Payakumbuh Kompol M. Yudie Sulistiyo dan Kadis Parpora Syahnadel Khairi, usai penampilan grup musiknya.

Wawako Payakumbuh Suwandel Muchtar, mengatakan, masih rendahnya kunjungan wisata ke Payakumbuh, membuat pemko dan Disparpora mencari inovasi untuk mempromosikan wisata kota ini. Payakumbuh World Music Dunia Festival, bagian usaha pemko menjadikan Payakumbuh daerah kunjungan wisata di tingkat internasional.

Selain empat grup negara asing, PWMF III/2014, dilaporkan Kadisparpora Syahnadel Khairi, juga diikuti sejumlah pemusik dalam negeri. Dari tahun ke tahun, iven ini terus meningkat peserta, dan sudah memberikan dampak postif terhadap perkembangan dunia wisata Payakumbuh ke depan.

Grup musik Tanah Air yang ambil bagian, Darak Badarak (Pariaman), Tanah Pilih (Jambi) BS Bengcoleen Percusion (Bengkulu), Gempur Sentosa (Subang), Brevin Tarigan (Medan), Badano Ethnie Project (Riau), Saiyo (Bukittinggi), Kelompok Kreatif UNP (Padang), Cress Music School (Payakumbuh) dan Hari Taledo (Jakarta).(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*