Difasilitasi Sahid Jaya Hotel, 18 Peserta Diklat Perhotelan Lolos Magang ke Thailand dan Malaysia

Penyerahan sertifikat STP Sahid dari Walikota pada siswa-siswi SMKN 3 Payakumbuh.

Penyerahan sertifikat STP Sahid dari Walikota pada siswa-siswi SMKN 3 Payakumbuh.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Sebanyak 18 dari 30 peserta Diklat Perhotelan dan Pariwisata yang diadakan Pemko Payakumbuh bersama Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid   Jakarta, dinyatakan lolos uji kompetensi dan semuanya berhak magang bekerja dibebera  hotel berbintang di  Thailand dan Malaysia. Direncanakan, pelajar tamatan berbagai SLTA Payakumbuh itu, akan bertolak ke Thailand dan Malaysia, pekan ketiga November mendatang. Keberangkatan ke kedua Negara Asean itu, ditanggung sepenuhnya oleh APBD Payakumbuh.

Plt. Walikota Payakumbuh H. Priadi Syukur ketika menutup Diklat Perhotelan dan Pariwisata, di SKB Payakumbuh, Kamis (10/11), memberikan apresiasi  kepada semua peserta yang serius menjalani diklat. Perhatian orang tua yang membimbing anaknya menjalani diklat, juga sangat diapresiasi Priadi Syukur. Diakhir penutupan diklat, Walikota Priadi Syukur menyerahkan paspor dan sertifikat secara simbolis kepada peserta yang lolos magang ke luar negeri.

Enam bulan magang di hotel berbintang lima di Thailand dan Malaysia, dikatakan walikota dan Direktur Eksekutif STP Sahid, Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE, kesempatan sangat berharga untuk mengaktualisasikan diri sebagai calon tenaga kerja terampil yang siap bersaing di dunia internasional. Karena itu, kesempatan magang di Thailand dan Malaysia itu, harus dimanfaatkan sebesar-besarnya, dengan memperlihatkan kinerja yang tinggi. Diiringi dengan etitut yang baik, sebagai anak bangsa Indonesia, putera Minangkabau dan Payakumbuh khususnya.

Dikatakan, orang Minang atau di luar sering disebut orang Padang, terkenal dengan kemampuan diplomasinya. Ia mampu berkomunikasi dengan santun dan ramah. Karena itu, jati diri ini harus dipegang teguh, tunjukkan kita punya kemampuan dan skill yang baik, sebagai calon tenaga kerja yang berkualitas, ingat walikota.

Sementara itu, Direktur Eksekutif STP Sahid,  Kohar Sulistyadi, mengingatkan, agar peserta diklat yang akan menjalani magang, mampu berhemat dan menyisihkan uang belanja, guna biaya kuliah, minimal D1 di STP Sahid Jaya. Menurutnya, pasca magang, dan mengambil kuliah D1 di STP Sahid, selama tiga bulan, yang bersangkutan bakal mudah untuk masuk kerja di hotel-hotel berbintang di kawasan Asean. “Pihak STP Sahid, akan memfasilitasi semua anak Payakumbuh tersebut bekerja di perhotelan ternama,” janjinya.

Program diklat perhotelan dan pariwisata yang dibidani Dinas Pendidikan Payakumbuh itu, seperti disampaikan Kadisdik H. Hasan Basri Sy, wujud dari komitmen pemko dalam meningkatkan SDM dan mengurangi angka pengangguran di kota ini. Program yang sama, katanya, akan terus berlanjut tahun depan. Namun, pembiayaannya, bukan lagi sepenuhnya ditanggung pemko, hanya sebatas subsidi dari pemerintah daerah, sebutnya.

Laporan penitia pelaksana Zetriwardi, S.Pd yang juga Kepala SKB Payakumbuh, kegiatan magang itu, berlangsung sejak 8 Agustus 2016. Dari 30 peserta, hanya 18 lolos ke luar negeri dan 12 peserta lainnya, akan menjalani magang pada sejumlah hotel berbintang di Jakarta. Ke-12 peserta dimaksud, juga difasilitasi STP Sahid magang di ibu kota RI tersebut.

Uji kompetensi peserta diklat untuk magang ke Thailand dan Malaysia, diuji langsung oleh tim pengajar STP Sahid Jakarta, yang diadakan di  SKB, 7-8 November 2016. Kemampuan bahasa Inggris peserta, sangat menentukan untuk lolos uji kompetensi.

Penutupan diklat tersebut juga dihadiri Ketua STP Sahid Jakarta, Ir. Kusmayadi, MM, sejumlah petinggi Yayasan Sahid Jaya 1977, seperti Deputy Bidang Pengembangan Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial, Dr. Yohanes S serta sejumlah tenaga pengajar STP Sahid lainnya, Staf Ahli Walikota Bidang SDM Hj. Ruslayetti, pimpinan SKPD dan orang tua peserta diklat.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*