Dilanda Musibah Banjir, Walikota Padang Ajak Masyarakat Terus Bertawakal

Walikota Padang saat bersafari Ramadhan ke Masjid Ahlussunnah Waljamaah di Sungai Sapih, Kuranji, Jumat (17/6).

Walikota Padang saat bersafari Ramadhan ke Masjid Ahlussunnah Waljamaah di Sungai Sapih, Kuranji, Jumat (17/6).

Padang, PADANG-TODAY.com-Bisa dibilang Kota Padang dilanda musibah banjir dalam kurun waktu hampir berdekatan. Sebelumnya, tercatat pada Maret lalu, Padang dilanda banjir dengan kadar yang cukup besar. Lalu pada Kamis (16/6) silam, Kota Padang kembali tergenang banjir yang bahkan hingga menimpa 10 dari 11 kecamatan yang ada.

Musibah beruntun yang melanda Kota Padang diharapkan tidak menjauhkan masyarakat kepada Sang Pencipta. Namun justru semakin dekat dan terus bertawakal.

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo saat bersafari Ramadhan ke Masjid Ahlussunnah Waljamaah di Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Jumat (17/6).

“Mudah-mudahan kita dapat mengambil hikmah dari kejadian ini,” ujar Walikota Mahyeldi.

Disebutkan oleh Walikota, musibah yang melanda Kota Padang memang membawa duka. Namun sebaliknya, menurut Mahyeldi, musibah itu juga membawa hikmah pada masyarakat.

“Dengan kejadian ini akan menghapus dosa kita dan mengangkat derajat kita,” terangnya di depan seluruh jamaah.

Mahyeldi mengatakan, mungkin saja selama ini cukup banyak kesalahan yang pernah dibuat. Sehingga Allah memberi cobaan dan ujian dengan menurunkan musibah.

“Inilah cara untuk menghapus dosa umat-Nya dan sekaligus Allah subhanahu wa taala ingin meninggikan derajat orang yang ditimpa musibah,” sebutnya.

Disampaikan Walikota, salah satu indikator penyebab banjir adalah saluran drainase yang tak berfungsi dengan baik. Sungai yang ada tak mampu menampung debit air yang tinggi.

Untuk mengurangi genangan air ketika hujan turun cukup lebat, perlu dibuat kawasan retensi, embung, dan situ, termasuk memperdalam drainase.

“Padang Barat dan Padang Utara berada di pinggir laut dan muara sungai. Untuk mengatasi curah hujan yang tinggi dan pasang, perlu dibuat drainase yang besar dan cukup dalam,” terang Walikota.(rel/Dodi Syah Putra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas