Dimeriahkan Pacu Itiak, Masyarakat Payakumbuh Saksikan Finish Etape I TdS 2016

Rombongan Pebalap memasuki kawasan Payakumbuh. Foto: Zal.

Rombongan Pebalap memasuki kawasan Payakumbuh. Foto: Zal.

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.comBarrier, palang-palang pengaman berwarna putih berjejer lurus di sisi kiri dan kanan jalan. Di seberangnya, susunan tenda ikut rapi dengan seratusan kursi-kursi ikut tersusun, tampak nyaman diduduki para tamu. Menjelang tengah hari, gapura berbentuk gonjong dan bertuliskan “Finish” itu mulai ramai dikelilingi masyarakat yang ingin menyaksikan gelaran yang sekali setahun menyinggahi “Kota Batiah” ini, Sabtu (6/8).

Sebelumnya, master of ceremony dengan tangkas mengisi waktu menunggu para pebalap dari Tour de Singkarak (TdS) 2016 Etape I yang finish di Ngalau Indah. Para tamu yang tak hanya terdiri dari masyarakat, tapi juga oleh Walikota, unsur Muspida, Dirjen Pariwisata, serta Bundo Kanduang ini dihibur oleh aksi sang MC. Sesekali celoteh lawak membuat para tamu berderai gelak tawa.

Tak hanya itu, Walikota, unsur Muspida, serta Dirjen Pariwisata dan para tamu khusus lainnya diajak untuk ikut memeriahkan Perlombaan Pacu Itiak, sebagai ajang perlombaan tradisional khas daerah ini. Siapa sangka, itiak yang dilepas oleh Walikota Riza Falepilah yang menjadi pemenangnya. Para hadirin pun terhibur oleh ajang Pacu Itiak yang merupakan lambang kesederhanaan kebahagiaan masyarakat tersebut.

Tak lama berselang, jalur menuju gapura bergonjong pun mulai disterilkan. Para tamu khusus disilakan duduk kembali. Oleh MC, Walikota dan beberapa undangan lain dimintakan kesediaannya memegang bendera catur (chequered flag) tepat di garis finish.

Rombongan pebalap pertama pun mulai muncul. Chequered flag dikibarkan. Pebalap dari Australia, Dylan Newberry tercatat sebagai juara etape pertama Tour de Singkarak (TdS) 2016 dari Dermaga Singkarak menuju Payakumbuh. Dylan Newberry menjadi yang tercepat saat masuk finish dengan catatan waktu 02:25:26. Dylan dan tim Data #3 Cisco itu mengalahkan delapan pebalap yang berada di rombongan terdepan, saat adu sprint menjelang finish.

Termasuk dua pebalap Indonesia, Dadi Suryadi dari Terengganu Cycling Team Malaysia dan Robin Manullang yang memperkuat Timnas Indonesia, rombongan pertama yang mencapai garis finish itu pun ikut menyusul.

Dadi Suryadi sendiri finish di urutan kelima dengan catatan waktu 02:25:29. Sedangkan Robin Manullang hanya mampu finish di urutan ke delapan dengan catatan waktu 02:25:37.

Esok, Minggu (7/8), para pebalap akan melanjutkan etape  2 yang start dari  Lembah Harau pukul 10.00 WIB, dan finish di Istano Basa Pagaruyung sekitar jam 13.09 WIB dengan lintasan pertigaan Simpang Sarilamak, Lubuk Bangku, Kelok Sembilan, Lubuk Bangku, Sarilamak, Simpang Kaniang Bukik, Tugu Adipura, Tugu Labuah Basilang, Pasar Halaban, Pauh Tinggi, Balai Tangah, Sitangkai, Guguak Cino, Batusangkar, serta Stadion Batusangkar.(Novaldi Herman/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*