Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Juluak Dana Pusat Bangun Kantor Baru

Mediar Indra.

Mediar Indra.

​​PAYAKUMBUH​, PADANGTODAY.com-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh, masih belum punya gedung atau kantor yang representatif. Sebanyak 40 pegawainya, masih mengantor di gedung yang amat terbatas, bekas rumah dinas wakil walikota di Jalan Imam Bonjol Payakumbuh, di Kelurahan Padang Tinggi, Kecamatan Payakumbuh Barat. Untuk membangun kantor baru daerah beum sanggup, hingga akhirnya Disdukcapil mencoba manjuluak dana pembangunannya ke pemerintah pusat.

“Saya sudah mengajukan proposal ke Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Departemen Dalam Negeri, melalui kegiatan prasarana pembangunan daerah, Juli 2014. Mudah-mudahan, pengajuan kita sebesar Rp3 Miliyar lebih, masuk dalam daftar rencana kegiatan Kementerian Dalam Negeri pada APBN 2015,” sebut Kepala Disdukcapil Mediar Indra, di Balaikota Payakumbuh, Rabu (15/10).

Menurut Mediar Indra, seluruh persyaratan untuk mendapatkan kegiatan pembangunan kantor itu telah disetujui Kementerian Dalam Negeri. Salah satu di antaranya, tanah buat lokasi proyek. Foto copy sertifikat tanah buat lokasi proyek sudah diserahkan, ungkap Mediar Indra.

Menurutnya, ia optimis pembangunan gedung baru Disdukcapil Payakumbuh akan direalisir kementerian. “Saya optimis, Payakumbuh bakal mendapatkan dana pembangunan kantor Disdukcapil ini,” tegas Mediar.

Lokasi yang diajukan, dikatakan Mediar Indra, dua pilihan. Pertama di tanah milik pemko di kawasan Kantor BKD dan Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kubu Gadang. Kemudian, di lapangan Poliko, bersebelahan dengan kantor balaikota yang baru. Di lapangan Poliko itu, bekas pondasi jaringan laba-laba kantor balaikota, secara teknis layak dijadikan kantor Disdukcapil, tambahnya.

Dikatakan, sejumlah pejabat teknis dari Bappeda dan Dinas PU Payakumbuh, sudah diminta pihak Kementerian Dalam Negeri, untuk datang ke Jakarta, guna membicarakan pembangunan kantor Disdukcapil. “Walikota Payakumbuh Riza Falepi, sudah perintahkan Sekretaris Bappeda Ismet Ibrahim dan Kabid Cipta Karya Dinas PU, Delni Putra, untuk datang ke Kementerian Dalam Negeri, dalam minggu ini. “Mudah-mudahan panggilan kedua pejabat teknis tersebut merupakan signal positif bagi Payakumbuh untuk mendapatkan bantuan dana pembangunan gedung Disdukcapil tahun depan,” tegas Mediar.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*