Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh Kembali Menerima 90 Vial Vaksin Covid-19 Untuk Tahap II

Payakumbuh — Dengan pengawalan ketat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Advertisements

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal mengatakan 90 vial vaksin tersebut kalau pemberiannya benar dan tepat bisa diperuntukkan untuk 900 orang, karena 1 vial itu bisa untuk 10 dosis.

“Untuk tahap II ini akan diberikan untuk pelayan publik, dan untuk awal-awal ini akan kita berikan untuk tenaga pendidik dulu,” kata Kadinkes Bakhrizal kepada Media di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kota Payakumbuh didampingi Kakan Kesbangpol Budhy D. Permana.

Bakhrizal menerangkan untuk pemberian tahap II ini akan dimulai secepatnya, karena sampai hari ini untuk pemberian vaksin tahap I sudah hampir selesai untuk tenaga kesehatan.

“Sampai hari ini berdasarkan data PCare dan yang datang ke fasyankes yang sudah diberikan dosis 1 mencapai 1.078 dosis atau 69 persen dan yang telah diberikan dosis 2 sebanyak 589 orang atau sudah 37,7 persen,” terang Kadinkes.

Pencapaian ini disebabkan adanya sebanyak 307 orang yang ditunda pemberiannya karena sedang sakit, hamil, sedang mengkonsumsi obat serta 177 orang tidak diberikan karena punya riwayat penyakit atau komorbid.

“Sejauh ini yang telah menerima vaksin Covid-19 tidak ada menimbulkan gejala yang berarti dan kami himbau kepada semuanya agar mau untuk di vaksin,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*