Dinas Kominfo Kota Padangpanjang Gelar Sosialisasi PPID

Padangpanjang— Guna meningkatkan pelayanan Informasi Publik, Pemerintah Kota Padangpanjang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota gelar Sosialisasi Peningkatan Peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) bertempat di Hotel Cendrawasih Kampung Manggis, Selasa (10/07).

Acara dibuka oleh Wakil Walikota Padangpanjang, Drs. Asrul yang dalam sambutannya beliau langsung menegaskan, bahwa Informasi merupakan kebutuhan mendasar bagi semua orang sebagai pengembangan pribadi dan lingkungan, serta merupakan bagian terpenting bagi kesejeterahan nasional.

“Sebagaimana yang tercantum dalam UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, PPID berfungsi untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses informasi, PPID merupakan pilar utama dalam menciptakan semangat trasparansi atau keterbukaan di lingkungan Badan Publik,” sebut Wako Asrul.

Diharapkan dengan terselenggaranya Sosialisasi Peningkatan Peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ini, maka transparansi informasi di lingkup Pemerintahan Kota Padangpanjang dapat terpenuhi. Dengan demikian, penyebarluasan Informasi Daerah dan optimalisasi  pelayanan publik dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Marwilis, SH, M.Si mengatakan, setiap penyelenggara negara atau Badan Publik wajib melakukan tata kelola pelayanan informasi yang cepat, mudah dan murah dalam rangka mewujudkan tata pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

“Keterbukaan informasi publik merupakan hal yang esensial dalam transparansi penyelenggaraan pemerintahan. Pada bulan Maret 2019 yang lalu Pemerintah Kota Padangpanjang telah melakukan MOU dengan Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat mengenai keterbukaan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan” tambah Marwilis.

Disamping itu, Walikota dan Wakil Walikota juga telah menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bekerjasama sekaligus diberikan pendampingan  dalam rangka pencegahan dan pemberantasan korupsi khususnya  dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kota Padangpanjang.

Berdasarkan hal di atas, “maka Pemerintah Kota melalui Dinas Kominfo Kota Padangpanjang melakukan Sosialisasi ini selama 2 hari kedepan yang dimulai hari ini” tutup Kepala Dinas.

Turut hadir Ketua Komisi Informasi Propinsi Sumatera Barat Adrian Tuswandi, SH, Komisioner Komisi Informasi Prop.Sumbar H.Arif Yumardi, ST. Kabid IKP Dinas Kominfo Prop.Sumbar, yang juga merupakan Narasumber  pada kegiatan Sosialisasi dimaksud serta para wartawan dan tamu undangan lainnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas