Dinas Pertanian Kota Pariaman Musim Tanam 2015 Ini Tak Kekurangan Pupuk

Walikota Pariaman H Mukhlis R melihat potensi tanaman masyarakatnya yang subur.

Walikota Pariaman H Mukhlis R melihat potensi tanaman masyarakatnya yang subur.

PARIAMAN, PADANGTODAY.com-Dinas Pertanian Kota Pariaman tidak gentar, walau ada informasi tentang penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi kepada para petani. Sebab, Dinas Pertanian Kota Pariaman telah melakukan kerja sama dengan Kodim 0308 Pariaman dalam rangka pengawasan pupuk bersubsidi tersebut.

“Musim tanam tahun 2015 ini kita di Kota Pariaman tidak kekurangan pupuk. Meski ada informasi tentang dugaan penyaluran pupuk bersubsidi tersebut. Kita telah melakukan kerja sama dengan Kodim 0308 Pariaman dalam rangka mengatasi kekurangan pupuk kepada para petani di daerahnya,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman Syaiful Rizal ketika menjawab pertanyaan Padang-today.com, kemarin.

Katanya, dalam kerja sama ini Pemko Pariaman bersama Kodim 0308 Pariaman telah membuat pupuk buatan untuk antisipasi kekurangan pupuk bagi kalangan petani di Kota Pariaman. Sepanjang pengawasan yang dilakukan pihaknya kekurangan tidak mungkin terjadi, karena setiap tahun selalu terpenuhi untuk kalangan petani sawah.

“Kita melakukan hal demikian agar swasembada pangan nasional tahun 2015 di Kota Pariaman berjalan lancar. Sehingga surplus beras selalu terujut setiap tahun di Kota Pariaman. Kita butuh dukungan semua pihak di Kota Pariaman agar tidak ada persoalan dalam penyaluran pupuk. Bagi masyarakat pemilik kios yang salah dalam penyaluran tentu akan berdampak kepada aspek hukum,” ujarnya.

Dirinya berani berkata demikian, seperti ketersedian pupuk cukup, karena berdasarkan data dan pengawasan yang dilakukan pihak secara ketat di lapangan. Artinya, sampai saat ini persoalan pupuk bagi kalangan petani di Kota Pariaman tidak mengalami kendala. “Kita berharap demikian seterusnya,” tandasnya mengakhiri. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas