Dinkes Agam Berikan Pelatihan Kepada Pelaku Industri Rumah Tangga

 

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Agar produk makanan yang dihasilkan oleh industri rumah tangga di Kabupaten Agam sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mendapatkan sertifikasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam memberikan pelatihan sertifikasi keamanan pangan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) bagi 12 warga yang memiliki industri rumah tangga.

Pelatihan yang di pusatkan di Puskesman Baso itu dilaksanakan dua hari, dimulai dari tanggal 24 februari sampai dengan tanggal 25 februari 2015, serta dilanjutkan dengan peninjauan lapangan.

“Melalui pelatihan sertifikasi ini produk pangan yang dihasilkan lebih higienis dan aman di konsumsi serta terhidar dari penggunaan bahan yang berbahaya. Dalam pelatihan ini kita juga melibatkan narasumber dari narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Agam dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Padang” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam dr. Indra.

Dinas Kesehatan Kabupaten Agam pada Tahun 2014 lalu telah melatih IRTP sebanyak 862 orang dan memberikan sertifikasi pangan kepada 377 orang.

Pelatihan tersebut terbagi kepada beberapa Kecamatan seperti di Kecamatan Tanjung Mutiara dilatih 23 orang dapat sertifikat sebanyak 7 orang, Lubuk Basung dilatih 143 orang dapat sertifikat 56 orang, Tanjung Raya dilatih 66 orang dapat sertifikat sebanyak 31 orang, Matur dilatih 83 orang dapat sertifikat sebanyak 18 orang, IV Koto dilatih 83 orang dapat sertifikat sebanyak 29 orang.

Lalu, Kecamatan Banuhampu dilatih 49 orang dapat sertifikat sebanyak 20 orang, IV Angkat dilatih 73 orang dapat sertifikat sebanyak 53 orang, Baso dilatih 74 orang dapat sertifikat sebanyak 45 orang, Kecamatan Tilatang Kamang dilatih 69 orang dapat sertifikat sebanyak 56 orang.

Kemudian, Palupuh dilatih 17 orang dapat sertifikat sebanyak 2 orang, Palembayan dilatih 13 orang dapat sertifikat sebanyak 4 orang, Sungai Pua dilatih 24 orang dapat sertifikat sebanyak 9 orang, IV Nagari dilatih 12 orang dapat sertifikat sebanyak 4 orang, Candung dilatih 10 orang dapat sertifikat sebanyak 2 orang, Kamang Magek dilatih93 orang dapat sertifikat sebanyak 39 orang dan Kecamatan Malalak dilatih 30 orang dapat sertifikat sebanyak 2 orang.

Pada kesempatan itu, agenda pelatihan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, karena berdampak besar terhadap konsumen, kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Padang.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*