Dinkes Laksanakan Pendampingan dan Pembinaan Aksi Derap Covid-19

Padangpanjang, TODAY – Dengan semakin gencarnya penyebaran Covid-19 di seluruh pelosok negeri, Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang melakukan pendampingan dan pembinaan aksi Kader Tanggap (Derap) Covid-19.

Aksi Derap Covid-19 tersebut didampingi dan dibina langsung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat bersama tim yang tergabung.

Kegiatan berlangsung di Aula Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padangpanjang, Kamis (8/10) yang dibuka langsung oleh Wakil Ketua TP PKK I Ny. Nova Era Yanthy Asrul. Hadir Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Sekretaris Dinkes dr. Faizah serta tim Derap Covid-19 Provinsi Sumbar.

Dijelaskan Wakil Ketua PKK Ny. Nova Era bahwa saat ini sama kita dengar dan kita lihat banyak penambahan kasus positif covid di daerah khususnya Padangpanjang. Artinya, banyak masyarakat yang acuh, tidak peduli bahkan tidak tahu bagaimana perkembangan dari penyebaran virus tersebut.

Melalui aksi Derap Covid-19, diharapkan nantinya peranan dari tim mampu memberikan sosialisasi yang lebih mengena dan dipahami oleh masyarakat.

“Dan tentunya, itu butuh kerjasama sesama masyarakat dalam memutuskan mata rantai virus covid, ini menjadi tanggung jawab kita bersama, apalagi di lokasi yang berbeda juga dilaksanakan sosialisasi penerapan Perda No 6 terkait Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” jelasnya.

Disamping itu, Tim dari Dinkes Provinsi Sumbar Afrizal menyebutkan agar Kader Tanggap ini dapat menjalankan peranannya memberikan pembinaan, mereka harus merangkul kelompok dasawisma, puskesmas serta lainnya yang bersentuhan langdung dengan masyarakat. Maka dari itu, jika peranan mereka sydah dilaksanakan, Insya Allah mata rantai penyebaran virus ini dapat kita putuskan.

Begitu juga yang disampaikan Sekretaris Dinkes dr. Faizah, ia mengharapkan jangan sampai ada lagi klaster penambahan kasus positif di daerah Padangpanjang. Bersama kita mainkan peran dalam memutuskan penyebaran Covid-19. (nfo/ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas