Dinsos PPKBPPPA Salurkan Bantuan untuk 20 Kube Kota Padang Panjang

Padang Panjang, Padang-Today.com – Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) melalui Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKBPPPA) Kota Padang Panjang menyalurkan bantuan untuk Kelompok Usaha Bersama (Kube), Senin (19/2) di Aula Dinas Sosial.Bantuan yang diberikan merupakan bentuk perhatian Kemensos RI terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di seluruh tanah air salah satunya Padang Panjang.

Kepala Dinas Sosial PPKBPPPA Martoni, S. Sos, M.Si mengatakan kube merupakan kelompok usaha yang terdiri dari 10 orang anggota, mereka diberikan bantuan sebesar Rp. 20 juta per kelompok untuk mengembangkan usahanya.

“Untuk tahun 2018 ini  Kube menerima bantuan dari Kemensos RI untuk 20 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 10 orang anggota, nanti masing-masing anggotanya akan menerima dua juta”, jelas Martoni.

Tujuan dari kube ini adalah supaya usaha yang dikembangkan oleh dari setiap penerima dana kube dapat berjalan dan sesuai dengan yang diharapkan, serta dapat menunjang ekonomi dari setiap anggotanya.

Martoni menambahkan bantuan yang diberikan dikelola langsung oleh masing – masing kelompok dengan adanya seorang pendamping. Dan pendampingnya ini sudah dilatih terlebih dahulu sebelumnya.

“Jika si anggota nanti sudah berhasil dan telah mengembalikan dana yang mereka dapat, dana tersebut bisa diputarkan lagi untuk anggota lain yang masih membutuhkan dana tambahan tetapi masih dalam kelompok yang sama”, tegas Martoni.

Anggota kelompok yang aktif dan selalu tepat waktu mengembalikan bantuan tersebut akan bisa mendapatkan lagi bantuan jika masih memerlukan, lain hal dengan anggota yang tidak bisa mengembalikan bantuan dengan tidak tepat waktu atau tidak bisa membayarnya, maka kemungkinan bantuan selanjutnya tidak akan didapatkan lagi atau bisa dikeluarkan dari anggota kelompok, kata Martoni menyudahi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*