Dipantau Walikota, 3.533 Siswa Payakumbuh Ikut UN

Kepala Dinas Pendidikan Hasan Basri

Kepala Dinas Pendidikan Hasan Basri

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Payakumbuh, sama dengan kota dan kabupaten lainnya di Indonesia, berlangsung serentak, 4-7 April 2016.UN tersebut akan diikuti sebanyak 3.533 siswa SMA/MA/SMK, melibatkan 414 guru pengawas dan membutuhkan 154 ruang kelas.

Keterangan Kadis Pendidikan Payakumbuh H. Hasan Basri, Sy, S.Pd, Minggu (3/4), seluruh naskah ujian sudah diterima tiga hari sebelumnya, dalam jumkah cukup dan utuh. Pendistribusiannya ke sekolah diawasi pihak kepolisian, sebelum ujian dimulai.

Seluruh guru pengawas, dikatakan Hasan, sudah diberi pembekalan. Semua guru punya komitmen untuk menjalani tugas dengan baik dan bertindak jujur. Hasan optimis, pelaksanaan UN di Payakumbuh berjalan lebih baik dengan harapan peningkatan mutu dan kelulusan 100 persen.

Menurut Hasan, pihaknya sudah membentuk tim pemantau pelaksanaan UN, melibatkan Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, Wawako H. Suwandel Muchtar, Sekdako H Benni Warlis, seluruh Asisten Setdako dan pejabat terkait lainnya.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Kepala Dinas Pendidikan Hasan Basri, Kepala Kantor Kemenag Asra Faber, dikatakan masuk dalam Tim 1, dengan tujuan pemantauan ke SMAN 1, SMAN 3, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, dan MAN 2. Pemantauan UN dapat dilakukan dari ruang kepsek melalui TV monitor CCTV, katanya.

Menurut Kadisdik Hasan Basri dan Kakemenag Asra Faber, pelaksanaan UN 2016, pihaknya punya motto Prestasi Penting, Jujur Harus. Untuk itu, bagi guru pengawa, diharapkan menjalankan tugas dengan baik, agar tak ada celah bagi siswa yang berbuat curang.

Siswa yang terlibat UN, menurut Hasan dan Asra Faber, juga sudah dimotivasi, agar berusaha mendapatkan nilai terbaik dengan cara jujur tidak dengan curang. “Sukses prestasi berbau kecurangan, tidak mencerminkan siswa yang berkarakter dan beraklak mulia, tegasnya.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas