Diprediksi Bagai Api Dalam Sekam, Pilkada Padang Panjang Masih Kondusif

dr. H. Syuir Syam, M.Kes, MMR, pembina DPP Partai Gerindra

Padang Panjang, Padang-Today.com – Hiruk pikuk jelang Pemilihan Umum Kepala Deerah (pemilukada) Kota Padang Panjang, mulai nyaring terdengar. Sejumlah manuver mulai dimainkan aktor-aktor politik di kota hujan ini.

Seperti pernah diujarkan Kapolres Padang Panjang, AKBP Cepi Noval dalam agenda launching Pemilu Kada Padang Panjang tiga pekan lalu, bahwa suasana politik terpantau “bagaikan api dalam sekam”. Prediksi Kapolres wajar, akibat kian maraknya pertunjukan atraksi politik akhir-akhir ini, yang sebagian besar menjurus pada upaya untuk menjatuhkan kredibilitas tokoh yang sedang ‘mekar’ di Kota Serambi Mekkah itu.

Menyikapi kondisi tersebut, mantan Walikota Padang Panjang, Syuir Syam, saat acara peresmian kampung KB di Koto Katiak, Padang Panjang Timur, angkat bicara soal situasi politik kekinian Kota Padang Panjang, Jumat (10/11).

Menurut anggota komisi IX DPR RI, Ia juga pernah mengalami hal serupa dalam helat pilkada Padang Panjang dimasanya dulu, khususnya ketika dirinya maju sebagai petahana.

Menurutnya, percuma menjegal seseorang calon kepala daerah dengan upaya-upaya negatif, jika pemimpin tersebut sudah berbuat banyak dan karyanya sudah dirasakan dan mendapat tempat dihati masyarakat.

Tentang figur tokoh yang layak untuk memimpin Padang Panjang lima tahun ke depan, secara pasti pembina DPP Partai Gerindra itu menyebutkan nama Tokoh Muda Padang Panjang, yang kini masih menjabat Wako Padang Panjang.

“Saya kira Hendri Arnis masih yang terbaik untuk melanjutkan pembangunan Padang Panjang. Banyak karya luar biasa yang telah dipersembahkannya untuk kota ini,” ujar mantan Walikota dua periode ini, yakin.

Syuir Syam menilai, Hendri Arnis sosok anak muda yang luar biasa. “Saya saja yang 10 tahun memimpin Padang Panjang dan juga walikota sebelum saya, tidak mampu dan sudah gagal membenahi dan membangun pasar Padang Panjang, namun Hendri mampu untuk itu,” ucap Syuir Syam terkesan.

Syuir Syam juga mengapresiasi pembangunan Islamic Centre dan Rusunawa yang tengah digeber Hendri Arnis penyelesaiannya.

“Saya berharap, pelayanan maksimal terhadap warga kota Padang Panjang melalui layanan pengaduan masyarakat lansung ke nomor HP Walikota, merupakan terobosan yang sangat berani dan luar biasa dilakukan Hendri Arnis dan ini harus dipertahankan,” harap Syuir Syam.

Tentang ‘serangan politik’ dari sejumlah pihak yang kerap mendera Wako Hendri Arnis akhir-akhir ini, dinilai Syuir Syam hal yang lumrah dalam ajang Pilkada.

“Pesan saya, hal-hal seperti itu tidak usah dihiraukan Hendri Arnis. Terus saja bekerja dan berbuat untuk masyarakat banyak. Saya pribadipun pernah mengalami hal serupa dulunya, saat menjadi petahana,” pesan Syuir Syam pula.

Menurut tokoh politik paling berpengaruh di Padang Panjang itu, Ia menilai situasi Kota Padang Panjang cukup kondusif dan tidak ada permasalahan yang berarti.

“Hendri cukup piawai menjaga stabilitas politik ditengah-tengah masyarakat jelang pilkada Padang Panjang dan tidak mau terpancing dengan black campaign atas dirinya,” ujar Mantan Ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

“Situasi kota ini sangat kondusif, tidak ada masalah dan tidak ada riak. Dalam pilkada 2018 nanti saya berharap tokoh yang akan memimpin kota ini, yaa seperti Walikota sekarang. Kita dapat melihat, pembangunan di kota Padang Panjang pada kepemimpinan Walikota sekarang, tumbuh sangat pesat, jadi bagusnya dilanjutkan aja,” tutur Syuir Syam.

Dikatakan, Kota Padang Panjang memang butuh pemimpin seperti sosok Hendri Arnis, selain energik, muda dan pantang menyerah, pada masa kempemimpinan Hendri Arnis kota Padang Panjang begitu banyak mengalami perubahan dan ini suatu prestasi yang sangat luar bisa.

“Melihat dari sosoknya, memang seperti Hendri Arnis ini yang dibutuhkan, pasar itu bukan persoalan yang mudah, pak Yohanes Tamin gagal, saya saja 10 tahun memimpin kota ini pun gagal wujudkan pasar itu, kini semuanya bisa terwujud. Begitu banyak perubahan yang telah dilakukannya dan ini harus dilanjutkan serta didukung hendaknya oleh masyarakat, agar kota kita ini semakin maju lagi, dan pembangunan yang lainnya bisa selesai,” ajak Syuir Syam.

Selain itu, Mantan Walikota segudang prestasi ini berharap, di sisa kepemimpinan Wako Hendri Arnis sekarang agar tetap fokus untuk melanjutkan sisa pekerjaan yang harus diselesaikan serta tidak terganggu dengan hal-hal yang tidak penting, apalagi seperti adanya hasut dan fitnah yang bisa mengganggu jalannya pemerintahan.

Sementara itu dalam sejumlah akun di media sosial, warga Padang Panjang juga bertubi tubi memberikan dukungan moral kepada Walikotanya, Hendri Arnis. Banyak yang men-share kata kata “biarkan anjing menggonggong namun kafilah tetap berlalu. Maju terus Pak Wako, kami warga Padang Panjang mendukung Mu. Teruslah berkarya Pak Hendri Arnis. Maju Terus Pak Hendri. Terima kasih Pak Wako dan banyak lagi.

Harapan masyarakat dan dukungan tersebut dapat dilihat dalam akun instagram, telegram, whatsapp grup, fecebook dan masengger serta pesan singkat (sms) ke nomor Walikota. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*