Dirjen Kebudayaan Resmikan Museum El Yunusiyah

Padangpanjang—Usai membuka pelaksanaan Kemah Bakti Nasional (KBN) ke X, Direktur Jendera (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hilmar Farid juga meresmikan Museum El Yunusiyah di komplek Perguruan Diniyyah Puteri, Senin (26/8) kemarin.

Pada kesempatan itu, Hilmar mengapresiasi perguruan yang berdiri sejak 1923 silam itu dalam melestarikan sejarah. Keberadaan Museum tersebut dikatakannya, akan sangat penting di tengah-tengah pengaruh global yang mengancam generasi muda bangsa.

“Banyak catatan penting yang semestinya sangat bernilai spirit jika generasi muda memahami betapa begitu kompleksnya perjuangan generasi masa lalu dalam memerdekakan bangsa. Mudah-mudahan dengan beragam spirit perjuangan sosok El Yunusiyah sebagai pejuang di dunia pendidikan, akan menjadi motivasi generasi milenial dalam menggapai cita-citanya,” ujar Hilmar sebelum bertolak ke Bandar BIM menuju Jakarta.

Sementara itu Direktur Sejarah Kemendikbud, Triana Wulandari menyebutkan dengan keberadaan museum tersebut telah menambah suatu situs sejarah di Padangpanjang sebagai salah satu daerah destinasi wisata sejarah.

“Padangpanjang sangat cocok sebagai salah satu daerah destinasi wisata sejarah. Selain memiliki masjid tertua Asasi, kini telah resmi dibuka Museum El Yunusiyah yang menyimpan banyak sejarah perjalanan perkembangan dunia pendidikan di negara ini. Khususnya pendidikan khusus kaum perempuan di Tanah Air pada masa itu,” ungkap Triana di sela-sela kunjungannya di museum tersebut.

Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri, Fauzi Fauzan El Muhammady mengatakan pendirian museum tersebut ditujukan untuk melestarikan sejarah sosok seorang pejuang perempuan dari Minangkabau dari jalur pendidikan.

“Kami berharap ini bisa menjadi inspiratif bagi generasi sekarang, yang dengan segala keterpenuhannya kebutuhan penunjang yang tidak didapat pada era masa perjuangan silam, bisa menjadi generasi wanita yang sukses,” tuturnya singkat jelang diselenggarakannya dialog kebudayaan di Aula kemplek perguruan setempat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas