Disdukcapil Jemput Bola Perekeman E-KTP

Padang Panjang, Padang-Today.com  – Dengan memegang Motto “ Melayani Dengan Sepenuh Hati” Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang jemput bola langsung ke Kelurahan-Kelurahan.Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Dukcapil Dra. Maini, MM di ruang Kerjanya, Selasa (13/2) didampingi Sekretaris Dukcapil Dra.Tuti Abdul Rajab, MM.

Sebanyak 22 produk yang dikeluarkan oleh Dukcapil ini diantaranya Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, KTP, Akta Kematian dan masih banyak lainnya.

“Kami melayani masyarakat Kota Padang Panjang tidak putus-putusnya, dulu kami bekerja dari jam 07.30 sampai 16.00 tanpa istirahat, namun karena banyak yang mengeluh tidak ada istirahat sekarang kami memutuskan untuk istirahat jam 13.00 sampai 14.00, cuma satu jam kami istirahat disini,” kata Maini.

Pada Sabtu dan Minggu Disdukcapil melakukan perekaman E-KTP, sebab Kota Padang Panjang merupakan Kota yang akan mengikuti Pilkada serentak 27 Juni 2018 nanti, data terakhir per 31 Desember ada sekitar 917 penduduk yang belum melaksanakan perekaman E-KTP,” jelas Maini.

“Saya menugaskan kepada tim Dukcapil agar Sabtu dan Minggu melaksanakan perekaman E-KTP langsung turun ke Kelurahan yang ada di Kota Padang Panjang ini, sebab instruksi dari Menteri dalam Negeri menjelang Pilkada semua masyarakat harus memiliki E-KTP,” ujar Maini.

Secara teknis salah seorang Kasi Pelayanan Pencatatan Sipil Armadiah, SE menerangkan, pada Sabtu dan Minggu sebelum tim turun kelapangan, Disdukcapil sudah mengirimkan nama-nama yang belum melakukan perekaman E-KTP kepada Lurah setempat.

“Pas kami turun masyarakat sudah menunggu disana, dan jumlah masyarakat yang melakukan perekaman lebih banyak dari pada hari kerja, sebab disana jika jaringan lancar kami langsung mencetak E-KTP dan masyarakat hanya tinggal tunggu saja” kata Armadiah.

Namun jika masyarakat yang mau ke Kantor Dukcapil langsung juga boleh, dan selama perekaman cuma menunggu waktu setegah jam saja.

“Kami melakukan perekaman setiap Sabtu dan Minggu ini dengan tujuan mempercepat proses perekaman, pernah suatu kejadian ada salah seorang warga yang tidak kuat lagi jalan dan belum melakukan perekaman kami langsung mengunjungi rumahnya serta melakukan perekaman disana,” terang Armadiah.

 “Kami harap semua masyarakat Kota Padang Panjang secepatnya sudah mempunyai E-KTP, Akta,KK per masing-masing keluarganya,” harap Maini (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas