Disdukcapil Padang Pariaman Banggakan Sumbar, Raih Penghargaan Pelayanan Prima Tingkat Nasional

Padang-today.com__Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Padang Pariaman membuat bangga Sumatera Barat. Sebuah penghargaan bergengsi dipersembahkan Disdukcapil pada event Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Wilayah I Tahun 2019 di Aston Hotel Kota Batam beberapa waktu lalu.

Event nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) itu dihadiri langsung oleh Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo serta Gubernur, Bupati dan Walikota se di Wilayah I Indonesia (Sumatera dan Jawa).

Disdukcapil Padang Pariaman meraih penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik kategori Pelayanan Prima (A) bersama Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat, Provinsi Riau, Kota Bogor dan Kota Pekanbaru.

Disdukcapil Padang Pariaman menjadi satu-satunya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang meraih kategori pelayanan prima di wilayah I. Sementara, Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Padang Pariaman meraih penghargaan kategori Sangat Baik (A-) dan RSUD Padang Pariaman mendapat kategori Baik (B).

Penghargaan bergengsi itu diserahkan Menpan Tjahjo Kumolo kepada Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni didampingi Kepala Disdukcapil M. Fadhly, S.AP, M.M. dan Kepala DPMPTP Rudy R. Rilis, S.STP, M.M.

Pada tahun 2018 lalu, kedua OPD sarat prestasi itu meraih Kategori Sangat Baik (A-) untuk Disdukcapil dan DPMPTP serta Kategori Baik Dengan Catatan (B-) untuk RSUD.

Bupati Ali Mukhni terlihat bahagia dengan prestasi yang diraih ketiga unit penyelenggara pelayanan publik itu. “Syukur alhamdulillah kepada Allah SWT dan terima kasih kepada masyarakat atas dukungannya, dua hari berturut-turut Padang Pariaman dianugerahi dua penghargaan tingkat nasional. Kemaren Diskominfo mendapat penghargaan apresiasi dari Menteri Kominfo, hari ini tiga unit kerja mempersembahkan prestasi luar biasa terutama Disdukcapil sebagai satu-satunya Disdukcapil di wilayah I mendapat kategori Pelayanan Prima,” ujar Ali Mukhni didampingi Rudy, Fadhly dan Kabag Organisasi Azwarman.

Ali Mukhni berharap prestasi ketiga unit kerja ini pada tahun 2020 nanti dapat meningkatkan prestasi ketiga-tiganya meraih kategori A. “Kita harapkan ketiganya dapat meningkatkan kategori menjadi A pada tahun 2020 sekaligus menginspirasi dan memotivasi unit kerja lain di Pemkab Padang Pariaman,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Dukcapil Fadhly mengungkapkan rasa bahagianya atas capaian yang diraih dinas yang dipimpinnya. “Kita bersyukur telah mendapatkan penghargaan pelayanan publik kategori Pelayanan Prima, kategori tertinggi dalam pelayanan publik. Kita berharap ke enam aspek pelayanan publik yang sudah kita bangun dapat kita pertahankan dan tingkatkan di masa mendatang,” kata Fadhly.

Sementara Rudy merasa sangat bangga atas raihan unit kerjanya. “Kami sangat berbangga atas apa yang diraih hari ini. Ini rapor untuk teman-teman di DPMPTP. Catatan dan masukan pertemuan hari ini akan menjadi perbaikan di masa mendatang untuk meningkatkan pelayanan publik bidang perizinan,” kata mantan Kabag Pemerintahan Umum itu. (herry suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas