Disdukcapil Payakumbuh Antarkan KTP el dan KK Pasutri, Inovasi Pembangunan

Disdukcapil Payakumbuh Antarkan KTP el dan KK Pasutri, Inovasi Pembangunan

Disdukcapil Payakumbuh Antarkan KTP el dan KK Pasutri, Inovasi Pembangunan

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Inovasi pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kembali dibuktikan. Jumat (16/11/2018) setelah melaksanakan pernikahannya, pasangan suami istri, yang menikah di Mesjid Muchsinin jam 14.00 Wib di Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur, bekerjasama dengan KUA Kecamatan Payakumbuh Timur diserahkan KTP el dan KK.

“Setiap penduduk mempunyai hak untuk memperoleh dokumen kependudukan, sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013. Sementara, cakupan perekaman KTP elektonik secara Nasional hari ini baru 86 persen. Untuk mencapai persentase yang diharapkan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Payakumbuh menggelar aksi Jemput Bola dalam perekaman Elektronik KTP, demikian ungkap Kadis Dukcapil Payakumbuh, Yunida Fatwa. S.Sos.

Di hari yang sama, pagi harinya juga diserahkan KK dan KTP el kepada Pasutri yang baru menikah di Mesjid Ijtihad jam 10.00 Wib di kelurahan Padang Sikabu Kecamatan Lamposi Tigo Nagori kerjasama dengan Kemenag dan KUA se-Kota Payakumbuh.

Aksi jemput bola yang dilaksanakan selain untuk pendataaan yang lebih lanjut juga bertujuan untuk pemutakhiran data dan persiapan untuk pelaksanaan Pileg dan Pilpres yang akan di laksanakan pada 2019 mendatang.

Yunida juga menyampaikan bahwa selain dari rekaman data KTP-elektronik, cakupan kepemilikan akte kelahiran secara Nasional juga baru mencapai 61,6 persen, masih rendah, sehingga secara Nasional perlu percepatan-percepatan.

Salah satu percepatan ini dilakukannya penyederhanaan prosedur dimana surat pengantar dari RT, RW dan Kelurahan tidak diperlukan lagi. “Dalam pelayanan perekaman, penerbitan dan penggantian Elektornik KTP yang rusak dan tidak merubah elemen data kependudukan, perlu penyederhanaan prosedur, yaitu cukup dengan menunjukkan fotocopy Kartu Keluarga saja”, jelas Yunida mengutip edaran dari Mendagri Nomor 471/1768/SJ.

Sementara untuk penerbitan akte kelahiran Disdukcapil telah bekerjasama dengan dinas pendidikan, dinas kesehatan, rumah sakit umum untuk juga akan jemput bola pengurusan akte kelahiran, baik melalui TK, SD, SMP, SMU, RSU, Puskesmas dan penolong persalinan, sebagaimana himbauan Mendagri tersebut, “ pungkas Yunida Fatwa.

Luncurkan Program “Payakumbuh Takziyah”

Disdukcapil Jemput Pelayanan Lansung Ke Bawah Pengurursan dokumen kependudukan selalu menjadi hal yang penting dikalangan masyarakat, mulai dari dokumen pindah penduduk, akta kelahiran, akta kematian, akta perceraian, hingga perubahan data kependudukan lainnya. hal tersebut tentu memerlukan pelayanan yang prima dalam mewujudkannya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) berupaya menyelesaikan semuanya dengan cepat, tepat dan sesuai dengan standard operasional (SOP) yang telah ditentukan.

“Bahkan untuk akta kematian, Disdukcapil, kini mampu memberi layanan one day service melalui program Payakumbuh Takziah kepada masyarakat.

Program tersebut telah dilaksanakan dengan menerbitkan langsung dokumen akta kematian kepada masyarakat yang meninggal dunia,” sebut Yunida Fatwa. Lebih Lanjut, Yunida Fatwa mengatakan,” Biasanya, pihak keluarga diminta ke Kelurahan untuk pengurusan Surat Keterangan Kematian dari yang meninggal.

Kalau sekarang dengan adanya program Payakumbuh Takziah data orang meninggal dan telah sampai ke pusat bisa dihapus dengan cepat dan menerbitkan langsung akta kematiannya.

“Karena kalau surat kematian dikeluarkan dari kelurahan saja, data yang bersangkutan masih tetap ada di pusat. Sehingga waktu masa pilkada atau pemilu akan memicu pameo masyarakat, warga yang meninggal hidup kembali,” jelas Yunida Fatwa.

Dengan menerbitkan akta kematian masyarakat yang sudah meninggal sekaligus untuk Akurasi Data Base kita di Disdukcapil dan mudah–mudahan apa yang telah diberikan bisa dimanfaatkan untuk pengurusan lebih lanjut bagi keperluan Almarhumah dan keluarga.

“Kita berharap, dengan adanya program ini bisa menjangkau semua kepentingan, apalagi bagi masyarakat yang ada di Kelurahan,” harap Yunida mengakhiri.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*