Dishub Dukung Organda Gelar Swab Pada Awak Angkutan Di Sumbar

 

Padang-today.com – Dinas Perhubungan Sumbar mendukung dilakukan Organda untuk uji swab terhadap awak angkutan umum.

“Bersyukur pihak Organda mengadakan swab gratis pada sopir angkutan di Sumbar dikabulkan Gubernur,”kata Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Nofiardi di Padang.

Sebagaiman diketahui tambah dia Sumbar destinasi wisata, jadi dicari para pengunjung atau wisatawan yakni adanya garansi aman dari covid.

Nah, adanya status para awak angkutan bersih dari corona, maka ada sugesti pengunjung bahwa penanganan covid secara sistemik di Sumbar terjamin baik,”pungkas Heri Nofiardi.

Heri Nofiardi menambahkan, Dishub terus melalukan pemantuaan terhadap sopir, pelaku usaha untuk tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19 dalam melayani penumpang disaat new normal.

Sopir wajib pakai masker, bangku dalam angkutan harus diatur jarak antar penumpang, sehingga dengan jaga jarak antar penumpang, kapasitas angkutan dikurangi.

“Bila ada melanggar kapasitas orang dalam angkutan tersebut petugas di lapangan langsung menindak dengan cara meminta penumpang turun,”tegas dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday menyebutkan swab terhadap awak angkutan di Sumbar salah satu untuk melakukan tracking memutus mata rantai corona.

“Langkah cukup bagus dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran corona di Sumbar,”kata dia.

Dilakukan swab lanjut dia penumpang angkutan merasa aman, nyaman bila sopir dan kernet dinyatakan sehat dan tidak terpapar virus corona.

Supaya penumpang merasa nyaman, aman menaiki angkutan serta sopir dan kernet dinyatakan sehat setah dilakukan uji swab.

Disisi lain Ketua Organda Sumbar Sengaja Budi Syukur menyebutkan alhamdulillah ada timbul kesadaran para awak angkutan di Sumbar untuk ikut swab.

“Ada sekitar puluhan awak angkutan datang uji swab gratis kerjasama Organda Sumbar dengan dua instansi yakni Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan ini,”kata Budi.

Menurut dia,uji swab ini dilakukan secara bertahap terhadap awak angkutan dari berbagai perusahaan oto bus maupun truk di Sumbar.

Uji swab itu memang untuk 1.000 orang awak angkutan umum. Namun pelaksanaannya dibatasi untuk 100 orang per hari.

“Jadi jika ada 1.000 orang, maka bisa makan waktu selama 10 hari,”jelas Budi Syukur juga dewan penasehat KADIN Sumbar.

Budi menambahkan uji swab sebagai upaya memutus penyebaran Covid pada awak angkutan umum ini.

“Sekaligus uji Swab ini juga untuk memberikan jaminan kepada para penumpang bahwa angkutan umum yang mereka tumpangi benar-benar bebas Covid, sehingga penumpang tidak lagi takut-takut untuk naik angkutan umum ini,”imbuh dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas