Dishubkominfo Agam Akan Gelar Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas di Jalan Raya Bagi Pelajar

 

Advertisements

AGAM, PADANGTODAY.com-Untuk meningkatkan kualitas pengguna jalan raya yang menggunakan kendaraan bermotor agar tertib berlalu lintas dikalanhan pelajar, Dinas Perhubungan,Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Agam , akan menggelar kegiatan Sosialiasi bagi Pelajar di Agam bagian Barat dan Agam bagian Timur.

Kegiatan tersebut direncanakan digelar pada hari Senin (30/3) di Aula kantor Bupati Agam untuk para pelajar SMA di Agam Barat. Sedangkan untuk pelajar SMA di Agam Timur akan di gelar pada hari Selasa (31/3) yang dipusatkan di Kecamatan Banuhampu. Sosialisasi tersebut akan dibuka langsung oleh Bupati Agam Indra Catri.

Menurut Kepala Dishubkominfo Agam, Maryunis mengatakan, untuk memberikan pemahaman tentang tata tertib berlalu lintas, pihaknya akan mengundang narasumber dari pihak Satlantas Polres Agam, Satlantas Polresta Bukittinggi, Ketua Pengadilan Negeri Lubukbasung, pihak Asuransi dan pihak Organda. Sementara untuk peserta sosialisasi, akan diundang perwakilan dari tiap-tiap Sekolah Menengah Atas atau Sederajat , 100 orang peserta di Agam barat dan 100 orang peserta di Agam Timur.

” Kita merasa sangat penting untuk melakukan kegiatan semacam ini, mengingat dari tahun ke tahun angka kecelakaan di jalan raya di dominasi oleh kendaraan bermotor yang dikendarai oleh remaja yang mayoritasnya pelajar. dari angka dua tahun terakhir, kita telah mencatat 972 kecelakaan, 750 diantaranya kecelakaan roda dua, dari angka tersebut 70 persen korban meninggal dunia adalah anak usia sekolah ” ujar Maryunis.

Ditambahkannya lagi, Sosialisasi ini diadakan dengan harapan, para pelajar dapat menyadari akan pentingnya keselamatan dalam berkendara, yaitu dengan mematuhi rambu-rambu dan peraturan yang ada, melengkapi surat-surat kendaraan dan memiliki surat izin mengemudi (SIM). Sehingga ketertiban berlalu-lintas khususnya untuk wilayah Kabupaten Agam akan terwujud dan yang tak kalah pentingnya lagi, adalah dapat meminimalisir atau bahkan menghilangkan angka kecelakaan lalu-lintas. Nantinya para peserta yang mengikuti Sosialisasi dapat menyampaikan informasi yang didapatkannya dalam kegiatan tersebut kepada teman-temannya yang lain di sekolah masing-masing, sehingga Keselamatan Berlalu Lintas di jalan raya dapat terus ditingkatkan.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*