Disiplin PNS Rendah, Bupati Ajak Kepala OPD dan Bagian Lihat Proyek Pembangunan

Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni Ajak Kepala OPD Meninjau Pembangunan Proyek

Padangpariaman,Padang-today.com__Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni datang ke kantor seperti biasanya. Sebelum masuk ruang kerjanya, disempatkannya meninjau pembangunan gedung Dinas PUPR, Bapelitbangda dan kantor DPRD yang sedang dikerjakan.

Bupati yang pernah jadi pemborong itu memberikan saran dan masukan kepada kontraktor di lokasi pembangunan terkait percepatan dan optimalisasi kualitas pembangunan gedung Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman di lingkungan ibukota kabupaten itu.

Setelah puas berkeliling, Bupati peraih Satya Lencana Pembangunan itu menuju gedung kantor Bupati dan betapa kesal dan berangnya melihat kondisi kantor yang sangat sepi padahal waktu sudah menunjukkan jam 9 pagi. Ali Mukhni kesal karena dinilainya disiplin pegawai sangat rendah di pusat pemerintahan. Sementara ia selalu menekankan bahwa pegawai pemerintah adalah pelayan masyarakat.

“Bagaimana bisa melayani masyarakat dengan baik kalau disiplin kerja saja tidak bisa dijaga,” ujarnya menahan emosi.

Sejenak kemudian, Dewan Pembina PEKAT Sumbar itu memerintahkan Plh Sekda untuk mengundang seluruh Kepala OPD (Dinas, Badan dan Camat) dan Bagian untuk rapat mendadak di ruang rapat Bupati dengan agenda utama rapat adalah evaluasi disiplin kerja dan kegiatan serta rencana kegiatan yang akan datang.

Dalam rapat mendadak itu semua Kepala OPD dan Bagian hadir kecuali beberapa yang sudah minta izin tidak bisa hadir karena dinas ke luar daerah atas izin Bupati atau Sekda.

Bupati Ali Mukhni memulai rapat dengan mengevaluasi kedisplinan kerja. Point penting yang ditekankannya adalah penilaiannya disiplin ASN Padang Pariaman semakin menurun. “Saya bermohon kepada Kepala OPD dan Bagian untuk dapat meningkatkan disiplin pegawai di lingkungannya,” katanya memulai.

“Jika sudah jenuh dengan jabatan dan posisi yang sekarang silakan ajukan permintaan untuk mundur biar dicarikan gantinya yang lebih mampu,” tawarnya ke seluruh peserta rapat.

Ali Mukhni mengatakan bahwa menurut laporan DPRD, banyak Kepala OPD dan Bagian yang tidak hadir dalam rapat-rapat yang diadakan DPRD. “Bahkan ada yang mengutus eselon IV nya, anggota DPRD merasa terhina oleh ulah saudara,” kata Bupati berang.

Bupati mengatakan, kalau Kepala OPD tidak bisa hadir, sedapatnya diwakili Sekretaris. “Saya tidak pernah mendisposisikan Kepala OPD dinas luar bersama-sama dengan Sekretaris,” tegasnya.

Ali Mukhni Meninjau Pembangunan Lubuk Tano

“Bekerjalah ikhlas karena Allah SWT, bukan karena Bupati atau atasan. Saya bekerja siang malam untuk daerah tanpa mengeluh. Saya harap juga saudara demikian,” katanya lagi.

Bupati Ali Mukhni mengatakan, jika pejabat ingin tidak masuk sesuai jadwal kerja yang ditentukan yang disebabkan sering lembur kerja tidak masalah, ikuti waktu dan cara dia bekerja. Seperti diketahui, Bupati bekerja seperfti tidak mengenal Waktu dan hari. Ibarat kata, hari Senin saja semua oleh Ali Mukhni.

“Satu hal lagi, jangan hanya sekedar hadir. Sedapatnya kehadiran juga diiringi dengan inovasi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya mengakhiri.

Usai rapat, Bupati Ali Mukhni mengajak semua peserta rapat untuk meninjau proyek pembangunan yang sedang berlangsung di wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

Di bawah guyuran hujan yang lebat, rombongan Bupati dan pejabat Pemkab Padang Pariaman menuju jembatan Guguak Padang Lapai di Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, setelah itu meninjau jembatan Lubauak Tano di Kecamatan VII Koto dan terakhir menjelang malam ke Stadion Utama di Lubuk Alung.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas