Diskominfo Gelar Pelatihan Desain dan Multimedia Bagi Pelaku UMKM dan Pelajar

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh mengadakan pelatihan desain dan multimedia di SMKN 4 Payakumbuh pada Sabtu-Minggu (10-11/11). Peserta pelatihan terdiri dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Payakumbuh dan para pelajar SLTA se-Kota Payakumbuh.

Kepala Dinas Kominfo, melalui Kepala Bidang e-Goverment, Armein Busra didampingi Kepala Seksi Infrastruktur, Robby Hefanos mengatakan pelaksanaan pelatihan tersebut merupakan upaya Dinas Kominfo Kota Payakumbuh dalam mengembangkan IKM agar lebih kreatif mempromosikan dan menjual produknya dengan memanfaatkan media internet .

“Dengan perkembangan teknologi informasi yang marak saat ini, merupakan peluang menarik untuk berinvestasi melalui media internet. Hal ini merupakan wadah yang lebih mudah dan murah dikarenakan banyak situs dan media sosial yang menawarkan kita untuk menjadi enterpreneurship melalui internet,” ujarnya

Dikatakan, pemakaian teknologi informasi dalam dunia usaha adalah sebuah keniscayaan. Kedepan, Promosi dan transaksi usaha akan lebih banyak menggunakan teknologi IT.

“Bagi pelaku usaha yang tidak jeli terhadap perkembangan ini maka akan jauh tertinggal mengingat persaingan bisnis saat ini sangat ketat dan cepat,” ujar Armein.

Pelatihan itu sendiri merupakan bagian dari kegiatan Pusat Komunitas Kreatif (Puskom) Dinas Kominfo Kota Payakumbuh bekerjasama dengan SMKN 4 Payakumbuh. Pelatihan dibagi dua sesi. Sesi pertama pada Sabtu untuk pelaku UMKM dan sesi kedua pada Minggu untuk para pelajar SLTA.

Narasumber Rinaldo Sagita dan Robby Hafanos SIP MCIO. Dibuka oleh Kepala Bidang E-government Dinas Kominfo Kota Payakumbuh.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan dimaksud sebanyak 80 orang yg terdiri dari 40 orang dari pelaku usaha dengan koordinasi komunitas IKM Dan 40 orang Pelajar TK. SLTA se Kota Payakumbuh.

Besar antusias peserta untuk mengikuti kegiatan ini dikarenakan dengan perkembangan teknologi saat ini memberi peluang bagi kita untuk dapat memamfaatkannya sebagai media, murah Dan mudah melalui internet dengan berbagi situs bisnis dan media sosial lainnya. Namun hal dimaksud harus didukung dengan kualitas produk yang baik serta bentuk strategi promosi yang kreatif.

Latar belakang pelaksanaan pelatihan multi-media Dan strategi bisnis ini merupakan upaya Dinas Kominfo Kota Payakumbuh dlm mengembangkan IKM agar lebih kreatif dalam mempromosikan Dan menjual produknya dengan memamfaatkan media internet.

Dengan perkembangan Teknologi informasi Yang marak saat ini Yang merupakan peluang Yang menarik untuk berinvestasi melalui media internet, hal ini merupakan wadah Yang lebih mudah Dan murah dikarenakan banyak situs Dan media sosial Yang menawarkan kita untuk menjadi interpreneurship melalui internet.

Bagi pelaku usaha yang tidak jeli terhadap perkembangan ini maka akan jauh tertinggal mengingat persaingan bisnis saat ini,” kata Robby.

Oleh karenanya kegiatan ini merupakan Salah satu kegiatan tahunan Dinas Kominfo Yang dilaksanakan melalui koordinasi PUSKOM (Pusat Komunitad Kreatif) dibawah Kepala Bidang E-government untuk mengarahkan pelaku usaha dalam memamfaatkan teknologi informasi sebagai strategi bisnis efektif.

Adapun pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dengan peserta pelatihan terdiri komunitas UMKM kota payakumbuh dan pelajar SLTA se-Kota Payakumbuh yang dibagi atas 2 sesi, untuk hari pertama khusus komunitas UMKM Kota Payakumbuh Dan hari ke dua untuk peserta pelajar.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas