Dispangtan Padangpanjang Turunkan 8 Tim Pemeriksaan 528 Hewan Qurban

Padangpanjang, TODAY—Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Padangpanjang telah menghimpun dan melakukan pemeriksaan sebelum pemotongan terhadap 528 ekor hewan qurban di Kota Padangpanjang sejak Jum’at (31/07).

Kabid Peternakan pada Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Padangpanjang, Wahidin Beruh mengatakan pemeriksaan terhadap hewan qurban tersebut meliputi kesehatan organ tubuh dalam seperti hati, jantung, paru, ginjal, lambung/rumen, usus kondisi daging sendiri, jaringan syaraf dan lainnya.

“Pemeriksaan ini dilakukan 8 tim yang kita bentuk, masing-masing terdiri dari 3-4 orang bertugas di dua kelurahan. Tim pemeriksa yang kita bentuk, mendapat bantuan tenaga 8 mahasiswa coass Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Siak Kuala Aceh yang merupakan putra daerah Padangpanjang juga,” ungkap Wahid.

Dikatakannya, pemeriksaan 520 sapi dan 8 kambing (data sementara) di 98 titik tersebut hingga saat ini ditemukan 9 kasus cacing hati pada pemotongan hewan qurban di Kelurahan Ganting dan Sigando. Sementara temuan pemeriksaan yang masih dilakukan tim lainnya, Wahid mengaku masih belum menerima laporannya.

“Jumlah hewan qurban yang tercatat hingg Jumat (31/7) diperkirakan masih akan terjadi penambahan. Termasuk juga temuan kasus dari hasil pemeriksaan, untuk sementara ini masih dari 2 kelurahan yang sudah kami terima,” terangnya.

Selain melakukan pemeriksaan, tim juga mengarahkan kepada petugas yang akan memotong hewan qurban tentang tata cara merestrain (merebahkan) yang baik, penggunaan pisau yang harus memenuhi syarat dari sisi ketajaman maupun ukuran. Kemudian dalam proses lainnya seperti pembersihan jeroan, pemisahan isi jeroan dengan daging ketika dimasukkan dalam wadah atau kantong.

“Kami juga menghimbau panitia penyembelihan hewan qurban agar menjauhkan anak-anak dari proses pemotongan hewan qurban sebagai mana telah kita sosialisasikan jauh-jauh hari sebelumnya. Kemudian untuk pendistribusian terhadap masyarakat, tidak lebih dari 6 jam setelah dilakukan pemotongan,” pungkasnya. (nfo/ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas