Distanakhut Bagi-bagi Gunting Kakao Untuk Petani

Kepala Disnakhut Padangpariaman Yurisman pada saat menyerahkan bantuan kepada korban banjir

Kepala Disnakhut Padangpariaman Yurisman pada saat menyerahkan bantuan kepada korban banjir

Padang-Today.com__. Dalam rangka meningkatkan produksi Kakao dan produktifitas lahan di Kabupaten Padang Pariaman, Dinas Pertanian Peternakan dan Kehutanan melalui Bidang Perkebunan telah merancang dan melaksanakan kegiatan Intensifikasi Kakao. Karena keterbatasan anggaran pelaksanaan kegiatan ini hanya difokuskan pada 10 keltan yang tersebar di Kec. Sei Geringging, Kabupaten Padangpariaman-Sumbar, 20-06-2016 beberapa waktulalu.

Dalam siaran perss Humas Setdakab Padangpariaman, menjelaskan Distanakhut pada hari Rabu tanggal 15 Juni 2016 lalu dilaksanakan Pembagian Gunting Pangkas Kakao sebanyak 250 unit kepada 10 keltan yang merupakan lanjutan rangkaian kegiatan, dimana sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan lapangan (Sekolah Lapang/SL) Pemangkasaan dan Sanitasi Kebun. Output dari SL ini adalah meningkatnya kualitas dan keterampilan petani dalam memangkas Kakao mereka.

Kasi Teknologi dan Produksi Tanaman Perkebunan Renny Hildayanti, SP mengatakan, Nantinya, setelah pembagian gunting pangkas berselang sebulan kemudian akan dilanjutkan dengan SL Pemupukan dan diikuti dengan pembagian pupuk.

“Dengan demikian secara aspek sarana dan prasarana, peningkatan kualitas SDM, serta motivasi kelompok tani telah difasilitasi oleh pemerintah melalui Bidang Perkebunan Distannakhut,” jelas Kasi Teknologi dan Produksi Tanaman Perkebunan Renny Hildayanti, SP.

Lanjut Renny, setelah melakukan bagi-bagi gunting Kakao dan peningkatan kualitasb SDM petani Kakao ini, pada saat ini tinggal pelaksanaan dan tindakan praktis petani di lapangan, terang Renny.

“Pemerintah berharap petani mengikuti petani Kakao di Jepang yang benar dalam mengelola Kakao sehingga berdampak pada Peningkatan produksi dan kesejahteraan petani,” ungkap Renny menghakiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas