DKPP Sidang Dua KPU, Ketua Panwaslu dan Bawaslu

Padang-today.com – Dua Komisi Pemilihan pemilu serta dua Ketua komisioner bawaslu Solok Selatan dan Panwaslu di Provinsi Sumbar menjalani sidang DKPP terkait dugaan pelanggaran kode etik.

“Dua penyelenggara yakni KPU Kabupaten Limapuluh Kota, KPU Kabupaten Tanah Datar ,Muhammad Ansyar Ketua Bawaslu Solok Selatan serta Marzaini Ketua Panwaslu Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh,”kata Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen ketika dihubungi.

Ia menjelaskan, agenda sidang DKPP direncanakan pada Jum’at (16/8) sekitar pukul 13.30 WIB di aula Bawaslu Sumbar.

“Muhammad anggota DKPP langsung menyidang sekaligus pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu tersebut,”ujarnya.

KPU Limapuluh Kota disidangkan atas laporan dari Edison Sumar Ketua DPD Perindo Kabupaten Limapuluh Kota.

Pada Rabu 17 April 2019, pelapor telah menemukan tertukarnya nomor urut, foto, nama Caleg, dan alamat di Dapil 1 Lima Puluh Kota (Kecamatan Harau dan Kecamatan Payakumbuh) disetiap TPS Dapil 1 Lima Puluh Kota (Kecamatan Harau dan Payakumbuh).

Pada lembaran Foto, nama, dan alamat tersebut tertukar pada lembaran kertas DCT yang ditempelkan pada setiap TPS di Dapil 1 Lima Puluh Kota (Kecamatan Harau dan Kecamatan Payakumbuh) jelas tidak sesuai dengan yang semestinya. Hal Ini sangat berpengaruh pada konstitueh kedua Caleg dan berpengaruh terhadap pemilih dan terhadap perolehan suara.

KPU Kabupaten Tanah Datar disidangkan atas laporan temuan Bawaslu Kabupaten Tanah Datar soal surat suara. KPU Kabupaten Tanah Datar tidak professional dan lalai dalam melakukan persiapan logistik
pemilu 2019 yang mana telah ditemukan kertas suara tercecer di Kabupaten Kampar, Riau.

Atas peristiwa itu, teradu (KPU Tanah Datar,red) tidak berkordinasi dengan Bawaslu. Selain itu KPU Tanah Datar tidak kroscek jumlah surat suara yang diterima oleh pihak ketiga yang menyebabkan
terdapat perbedaan antara BA dengan jumlah fisik surat suara yang diterima.

Kemudian, Ketua Bawaslu Kabupaten Solok Selatan dan Ketua Panwaslu disidangkan atas laporan dari Yunizal.

Sementara itu ditempat terpisah Vifner Komisioner Bawaslu Sumbar membenarkan DKPP bakal menyidangkan dua KPU, ketua Panwaslu Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh serta Ketua Bawaslu Solok Selatan.

“Sidang telah diagendakan DKPP untuk dilakukan di Padang pada Jum’at (16/8) di aula Bawaslu Sumbar,”kata dia.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas