Dojo Lemkari Polres Payakumbuh, Lebih Pilih Prestasi dari Prestise (Bagian 1)

Miskin popularitas, kaya prestasi. Inilah konsep olahraga prestasi zaman now. Tak hanya LM Zohri yang menjadi juara dunia sprint 100 meter, tak dinyana. Tampaknya Dojo Lemkari Polres Payakumbuh menyimpan potensi dan prestasi serupa. Juara tak ternama, namun dikenal dunia.

Catatan Olahraga
Dodi Syahputra

Sempai Bripka Ansarullah Dojo Polres Payakumbuh, Setia Lemkari, Didik Karateka Berprestasi Nasional

Sempai Bripka Ansarullah Dojo Polres Payakumbuh, Setia Lemkari, Didik Karateka Berprestasi Nasional

Dojo atau Sekolah Karate beraliran Shotokan ini, ternyata sudah lama ada. Tepat saat HUT Kota Payakumbuh 17 Desember 2013 dojo ini hadir. Dilatih, dibina, dan diawasi dengan sepenuh jiwa dan pengabdian oleh Bripka Ansarullah (DAN III Karate). Tak banyak muridnya, tapi dapat dipastikan berprestasi nasional, bahkan internasional. Bayangkan!

Lembaga Karate-Do Indonesia (Lemkari) Kota Payakumbuh berhasil membawa prestasi memperoleh 3 emas, 3 perak, 1 perunggu di Kejuaraan Karate Open Championship Internasional 2017 di GOR UNP Padang 1-3 Desember 2017. Lemkari Payakumbuh meraih Juara Umum VI. 43 kontingen, hanya 6 kontingen yang berdasarkan raihan medali ditetapkan sebagai juara umum, termasuk Payakumbuh.

Juara Umum Kejuaraan Dunia ini menjadi perhatian. Kapolres memberikan penghargaan lewat Wakil Walikota Payakumbuh. Dalam sebuah upacara resmi di Lapangan Upacara Mapolres di Jalan Pahlawan itu. Alhamdulillah, penghargaan akhirnya juga diberikan Kapolda Sumbar, juga lewat upacara resmi kepada Sempai Bripka Ansarullah.

Dojo kecil di Lapangan kecil terbuka di depan Mapolres yang telah hampir 15 tahun beraktivitas tiada henti ini kini menarik perhatian banyak insan olahraga. Kepada para karateka, Sempai Ansarullah menekankan prestasi adalah keutamaan karate, bukan sabuk.

“Lebih mulia karateka dengan prestasi tinggi, daripada sabuk beragam warna,” ujarnya suatu ketika, menyentakkan.

Ya, Sempai muda ini memang trengginas. Selain membekali karateka Dojo Lemkari Polres Payakumbuh dengan materi dan jurus karate, ia juga sekaligus jadi guru hidup. Pendekatan kepada orang tua, keluarga, sampai menjaga karatekanya selalu beribadah dan mengaji.

Tak salah Kapolda Sumbar menganugerahinya Piagam Penghargaan khusus atas pengabdiannya membina dan mendidik para karateka Lemkari di Kota Payakumbuh. Sempai Bripka Ansarullah (DAN III Karate) ternyata memang bukan tipe orang yang suka dipuja-puji. Kerjanya nyata dan konsisten. Tugas kepolisiannya tuntas dan baik, sementara tugas Sempai Dojo Karate Lemkari Polres Payakumbuhnya berjalan dengan baik dan mulia.

Setiap hari latihan, Senin dan Kamis sore, lihatlah kini yang latihan dan yang mengantar sungguh ramainya.
Jumlah murid karate Dojo Lemkari Polres Payakumbuh meningkat. Tapi, meski meningkat antusias masyarakat terhadap Dojo Lemkari Polres begitu tinggi, Sempai Ansarullah tidak serta-merta berubah niatnya. “Tetap, prestasi!”*

(bersambung: Dojo Lemkari Polres Payakumbuh Jadi Juara III Nasional)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*