Dolar Amerika Serikat (AS) Yang Lusuh Masih Diburu Oleh Kalangan Tertentu

ilustrasi dolar

ilustrasi dolar

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM -Dolar Amerika Serikat (AS) yang lusuh alias rusak, lecek, dan tidak layak pakai masih diburu oleh kalangan tertentu. Para penjual dolar lusuh yang parkir di sepanjang Jalan Senen Raya, Jakarta Pusat, memperdagangkan dolar rusak karena masih ada peminatnya.

“Dolar lusuh atau rusak ini kerap dianggap barang antik, karena rata-rata adalah jenis uang lama,” kata Jayani, seorang pedagang valuta asing emperan di Jalan Senen Raya, Jakarta Pusat.

Jayani menuturkan, biasanya paling banyak jenis uang dolar lusuh adalah terbitan tahun 2000 ke bawah. Misalnya tahun 1996 seri AB, CD, AL, atau EK yang tidak lagi diterbitkan. Para pembelinya kebanyakan para kolektor.

“Kolektor yang cukup banyak cari dolar lusuh ini. Meski robek tapi kalau dibilang antik mereka bayar,” katanya.

Selain kolektor, para pembeli dolar lusuh adalah calon pengantin. Biasanya calon pengantin menggunakan dolar lusuh ini untuk mahar, atau mas kawin.

“Buat mahar juga cukup banyak,” katanya.

Meski demikian, para pencinta dolar lusuh harus mengeluarkan kocek cukup dalam. Meski kualitas uang kurang bagus, para pedagang menjual uang jenis tersebut sesuai harga pasar atau bisa lebih tinggi lagi.

“Kalau hari ini kita jual Rp 13.025/US$, jadi mengikuti harga pasar saja, atau bahkan bisa jauh lebih tinggi. Yang penting harga cocok dan bayar,” tukasnya.

(wij/hds/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*