Dompet Dhuafa Donate For Nepal

Rangkaian kegiatan DMC DD di Khatmandu, Nepal, semenjak tim mendarat pada Senin (27/4) lalu.

Rangkaian kegiatan DMC DD di Khatmandu, Nepal, semenjak tim mendarat pada Senin (27/4) lalu.

Padang, PADANGTODAY.com-Dunia kembali tersentak, guncangan hebat menggempar bumi Khatmandu, Ibu Kota Nepal, pada Sabtu (25/4). Gempa berkekuatan 7,9 SR dengan durasi 30 detik, sukses meluluh-lantakkan Nepal.

Dari perkembangan informasi yang diterima, korban tewas telah mencapai angka 7.365, dan 14.355 lainnya luka-luka. Jumlah tersebut berpotensi terus meningkat.

Kondisi ini mengingatkan kita pada Gempa Padang yang terjadi beberapa tahun silam. Berkat bantuan dari berbagai pihak dalam dan luar negeri lah, Padang bisa bangkit kembali.

Mengingat hal tersebut Dompet Dhuafa (DD) tak tinggal diam. Sebagai lembaga keumatan, DD ingin turut berbagi sesama dalam rangka meningkatkan kemaslahatan umat baik dalam dan luar negeri.

Berkoordinasi dengan Disaster Management Center Dompet Dhuafa (DMC DD), seluruh DD Cabang baik dalam dan luar negri, termasuk DD Singgalang, mengadakan penghimpunan untuk Nepal.

Donasi terhimpun langsung disalurkan lewat DMC DD yang telah menerjunkan tim respons (gelombang I) terdiri dari 2 personil pada Senin (27/4) lalu.

Komandan Tim Advance DMC menuturkan, Asep Beni menuturkan keadaan TKP setelah tim mendarat di Kathmandu. Ia menceritakan, warga sudah mulai beraktivitas normal, namun masih banyak warga yang masih memilih tidur di tenda-tenda dengan menggunakan terpal dan alas.

“Mereka tidur di tenda karena takut masih ada gempa susulan,” tutur Asep.

Selanjutnya empat anggota tim medis dan doter tim medis (gelombang II) diterbangkan ke lokasi gempa pada Jumat (1/5). Dengan juga memberikan pendampingan psikosial untuk anak-anak di pengungsian oleh para relawan Dompet Dhuafa.

2.094 MT makanan sudah dibagikan di 15 distrik, 52 terpal di 29 distrik, masih ada penambahan sekitar 234.161 terpal. Pemerintah Nepal tak memberlakukan Cukai, 20 visa gratis semenjak terjadinya gempa.

Selasa (5/5) tim DMC telah mendistribusikan bantuan pangan di desa Kushadevi distrik Kavrepalanchok. Bekerjasama dengan Beyond Movement, NGO Lokal, Dompet Dhuafa membagi-bagikan bantuan untuk para korban Gempa Nepal dari donasi yang terkumpul.Paket yang dibagikan berisi beras, gula, beaten rice, lentils, minyak goreng & garam untuk 65 KK di daerah ini.

Selanjutnya DD akan fokus pada sektor kesehatan dan hunian. Ini mengingat masyarakat yang mulai terserang wabah kolera dan disentri akibat jumlah lokasi pengungsian yang kurang, air tercemar, dan sanitasi yang buruk.

Dua hub kemanusiaan didirikan di Gorkha dan Chautara untuk koordinasikan operasi bantuan tingkat lapangan.
Bantuan dan upaya pemulihan yang berkelanjutan diperlukan sebelum musim hujan yang diperkirakan akan dimulai sekitar enam minggu kedepan.

“Untuk bantuan, kita masih mengkoordinasikan dengan DD pusat dan tim DMC di Nepal, kami masih membuka penggalangan dana dengan dibantu DD Volunteer dari segenap mahasiswa peduli Nepal,” tutur Branch Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi Yendra.

Bagi sahabat yang hendak meyumbangkan kepeduliannya untuk Nepal, Dompet Dhuafa Singgalang masih membuka lebar donasi bagi negara tetangga kita ini. Sahabat dapat menyumbangkan aksi peduli lewat rekening mandiri di nomor 111.000.500.5000 atas nama Dompet Dhuafa
Singgalang.(nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*