Dosen Unan Pimpin ISI Menangkan Pilrek Secara Demokratis

Pilrek-ISI-2
Padangpanjang, PADANGTODAY.com-Suksesi Pemilihan Pemilihan Rektor (Pilrek) Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang masa jabatan periode 2014-2018, berakhir setelah ditetapkannya Prof Dr Novesar Jamarun MS sebagai rektor terpilih oleh Ketua Senat kamput setempat di Lantai III Rektorat, Rabu (1/10) kemarin siang.

Advertisements

Ketua Senat ISI Padangpanjang, Herwan Fakhrizal mengapresiasi seluruh elemen civitas akademika kampus seni tersebut dengan terlaksananya proses pemilihan rector secara demokrasi, tanpa terjadinya kendala yang mengganjal.

Proses tahapan terakhir melalui rapat pleno Senat pemilihan rektor, dilaksanakan pemungutan suara pada Sidang Senat Terbuka yang dihadiri 23 orang atau 65 persen dari anggota senat dan 12 orang dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebagai kuasa Mendikbud, disebutkan dihadiri oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemendikbud.

“Dengan berakhirnya rangkaian tahapan prosesi pemilihan rektor ini, saya selaku Senat sekaligus PLt Rektor sangat berbahagia dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Terutama terhadap keluarga besar civitas akademika ISI, agar kepercayaan kepada yang terpilih betul-betul diamanahkan,” ungkap Herwan .

Sementara Ketua Panitia Pemilihan Rektor, Amrizal menyebutkan tiga calon yang tersisa dari empat bakal calon rektor pascakonvensi telah berakhir mengikuti proses tahapan pemilihan sampai pada penetapan melalui Rapat Pleno oleh Ketua Senat disaksikan pihak Kemendikbud, SPI dan Kepegawaian kampus setempat.

Tiga calon yang mengikuti tahapan sampai pada Rapat Pleno penetapan calon terpilih berdasarkan peraihan suara terbanyak, yakni Prof Dr Novesar Jamarun MS dengan 27 suara, Dr Ahmad Akmal MPd, 5 suara dan Dr Nusyirwan SPd MSn dengan 3 suara. Perolehan suara kemudian ditetapkan langsung oleh Ketua Senat dengan disaksikan Sekretaris Senat, perwakilan menteri dan unsure akademisi.

“Pihak Kemendikbud pemegang kuasa menteri, diwakili Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti, Dr Ir Illah Sailah MS. Berita acara pleno penetapan pemenang pemungutan suara tersebut, langsung diserahkan pada pihak kementerian. Untuk selanjutnya, kita hanya menunggu putusan kementerian berkaitan dengan pelantikan rektor terpillih tersebut,” ujar Amrizal didampingi Sekretaris Panitia Hafif HR di Sekretariat Panitia Pilrek. (dil/wrd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*