DPD Bikin Tata Tertib Anti Politik Uang Jelang Pemilihan

cegah-calon-pimpinan-main-uang-dpd-bikin-tatib-langsung-copotJakarta, PADANGTODAY.com – DPD Bikin Tata Tertib Anti Politik Uang Jelang Pemilihan pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) “Aturannya kita cantumkan dengan jelas dan tegas,” kata Ketua Panitia Khusus Tata Tertib DPD Alirman Sory.

Dengan aturan ini, ketua DPD sekalipun dapat langsung diberhentikan oleh Badan Kehormatan (BK) bila terbukti main uang saat pemilihan, tanpa perlu proses yang berbelit dan lama. “Berhenti saat itu juga dan kembali menjadi anggota biasa,” tegas Alirman.

Selanjutnya, anggota DPD asal Sumatera Barat ini mengatakan, BK akan meneruskan proses ke aparat penegak hukum. “Setelah terbukti secara hukum, baru diberhentikan permanen,” katanya.

Bila politik uang terjadi sebelum pimpinan terpilih, yakni pada saat atau menjelang proses pemilihan, maka calon yang terbukti akan langsung dieliminasi. “Kita buat sedetil mungkin, hingga terpagar dengan baik dan dapat dilaksanakan tanpa ruang untuk tafsir ganda,” tutur Alirman.

Pansus menggodok aturan baru tersebut agar selesai sebelum pemilihan pimpinan DPD pada 1 Oktober 2014. “Kami semua optimis aturan ini dapat diterapkan mengingat semua anggota sadar betul pentingnya mempertahankan citra baik lembaga ini,” kata Alirman.

Alirman Sory menolak mengungkapkan calon pimpinan yang terindikasi bermain uang. “Kami membuat aturan untuk semua calon demi kepentingan semua anggota dan lembaga,” katanya.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas