DPRD Agam Dukung Pembersihan Danau Maninjau Secara Berkelanjutan

Irfan Imran anggota DPRD Agam.

Irfan Imran anggota DPRD Agam.

AGAM, PADANGTODAY.com-Anggota Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Agam, Irfan Imran, mendukung langkah pemerintah daerah dan masyarakat yang melakukan goro masal membersihkan Danau Maninjau, Kecamatan, Tanjungraya pada waktu lalu. Menurutnya upaya semacam ini harus dilakukan secara berkelanjutan.

“Pembersihan danau maninjau memang sangat penting dilakukan, dan kita dari DPRD Agam sangat mendukung kegiatan tersebut yang dilakukan oleh Pemda Agfam bersama masyarakat. Kita berharap kegitan pembersihan tersebut bisa berjalan secara berkelanjutan dan tidak bersifat seremonial saja,” ujarnya.

Menurut Irfan Imran, pembersihan kawasan danau akan memberikan dampak yang sangat banyak pada kemudian hari. Tetapi sebaliknya bisa membahayakan jika kondisi sekarang dibiarkan saja tanpa adanya penanganan.

“Dewan pada masa mendatang akan mengusulkan agar pemerintah daerah membeli alat pembersih danau, bisa jadi semacam pukat yang cukup besar. Nantinya pukat ini diberikan kepada pihak nagari maupun jorong. Sehingga aktivitas pembersihan danau secara teratur bisa diupahkan kepada masyarakat,” jelas anggota dewan dari Daerah pemilihan Tanjungraya dan Kecamatan Matur.

Dikatakannya, pengontrolan kawasan danau yang harus dilakukan secara cermat, serius dan terukur. Dengan komitmen yang kuat, maka keasrian Danau Maninjau bukan tidak mungkin bisa diwujudkan kembali. Asalkan langkah ini dilakukan bersama-sama.

Komitmen dewan untuk ikut menyelamatkan tentunya tidak itu saja. Dikeluarkannya Perda danau Maninjau merupakan bentuk keseriusan. Melalui Peraturan Daerah ini kerangka penyelematan danau Maninjau sudah cukup jelas. Saat ini tinggal pelaksanaannya saja.(martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*