DPRD Bekerja Bersegera Bahas Lima Ranperda, Pansus Rapat

Wakil Ketua DPRD Payakumbuh H Suparman SPd

Wakil Ketua DPRD Payakumbuh H Suparman SPd

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com– 5 (lima) Rancangan Peraturan Daerah (ranperda)yang diajukan Pemerintah Kota Payakumbuh; Perlindungan Perempuan dan Anak, Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2003 tentang Pencegahan, Penindakan, dan Pemberantasan Penyakit Masyarakat/Maksiat, Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi, Pengelolaan Pasar Tradisional dan Ranperda tentang Pengelolaan Zakat kini terus disegerakan pembahasannya oleh Dewan. Para Wakil rakyat di DPRD Kota Payakumbuh sepakat untuk segera membahasnya.

Ranperda Pengelolaan Pasar Tradisional yang  telah beberapa kali gagal termasuk dengan DPRD sebelumnya, diharapkan dapat diselesaikan pada masa sidang pertama ini, untuk itu kepada Pemko dan instansi terkait, DPRD berharap agar menyiapkan bahan dan regulasi dengan melibatkan stakeholder lainnya.

Itulah, antara lain hasil kesepakatan rapat internal anggota DPRD Kota Payakumbuh yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh H Suparman SPd,  di gedung dewan Jumat (19/2). Sekaligus pembentukan pansus yang dihadiri seluruh anggota.

Disamping Ranperda pengelolaan pasar tradisional, 4 (empat) ranperda lainya adalah tentang pengelolaan zakat, Ranperda tentang Perlindungan Perempuan dan Anak, Ranperda Perubahan Kedua atas Perda Nomor 01 tahun 2003 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Masyarakat/Maksiat dan Ranperda tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi.

Guna memacu pembahasan kelima Ranperda tersebut, anggota dewan juga menyetujui membentuk 2 (dua) pansus.

”Meski, pembentukan pansus berjalan alot, baik pemilahan secara materi Ranperda maupun penempatan personil anggota dewan yang pada prinsipnya agar lebih efektif terarah dan efisien,” ujar Suparman usai mempimpin sidang.

Pansus 1 dengan materi Ranperda tentang Pengelolaan Zakat, Perlindungan Perempuan dan Anak, serta Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi diketuai oleh H Maharnis  Zul, SPd, Wakil Ketua Ir H Ahmad Zifal, Sekretaris Drs H Basril Latif dengan anggota Drs H Fitrial Bahri, Nasrul, Alek Wijaya SE ,Ir Ahmad Ridha, Ir Adi Suryatama, Hurisna Jamhur SPd dan Marhidayandi AMd, sedangkan pendamping H Wilman Singkuan Ssos MM dan H Supaman SPd.

Pansus 2 disepakati membidangi Ranperda tentang Perubahan Kedua Atas Perda Nomor 01 tahun 2003 tentang Pencegahan, Penindakan, dan Pemberantasan Penyakit Masyarakat/Maksiat dan Ranperda tentang Pengelolaan Pasar Tradisional diketuai oleh Ridwan Sabirin SE, Wakil Ketua Aribus Madri Bac dan Sekretaris Syafrizal dengan anggota, Wulan Denura SST, Mawi Etek Arianto, Hendri Wanto SSos, Edwar DF SSos, Al Hudri Datuak Rangkayo Mulie, HI DDt Muntiko Alam, Ismet Harius SSos, Ir Yanuar Gazali, dan Chandra Setipon AMd.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*