DPRD dan Walikota Dorong KNPI Segera Musda Edward DF Harus Aspiratif

Edward FD Ketua KNPI.

Edward FD.

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Payakumbuh segera habis masa jabatan periode 2011-2014. Disebut oleh Sekretaris Umum Dipa Surya Persada, untuk sampai akhir 2014 ini masih belum bisa digelar Musyawarah Daerah memilih Ketua periode baru sebab anggaran yang tidak ada.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Edward DF yang getol mengangkat harkat kepemudaan ini, mengatakan selain ke depan harus tunduk dengan UU Nomor 40 tahun 2009 yang mensyaratkan pengurus KNPI, OKP dan unsur kepemudaan lainnya berusia 16-30 tahun, juga harus aspiratif. Artinya, Ketua KNPI Kota Payakumbuh ke depan harus memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni meski muda usia.

Dipercaya, di Payakumbuh ini banyak sekali pemuda yang memenuhi kriteria pimpinan KNPI seperti dimaktbkan dalam UU tersebut. Hanya saja, tentu komunikasi dan sosialisasi tentang hal ini mesti diperkuat. Edward DF sendiri telah mengkomunikasikan hal ini ke Kadisparpora Syahnadel Khairi.

Edward DF sendiri, selaku anggota DPRD yang juga masih tercatat selaku pengurus KNPI, berjanji akan memperjuangkan KNPI agar kembali jaya, di Payakumbuh khususnya. KNPI adalah wadah berhimpun OKP, sekaligus media seluruh pemuda untuk mengekspresikan diri dalam berkegiatan di tengah masyarakat.

”Harapan kita, ke depan tumbuh pemimpin-pemimpin muda. Lebih muda lagi dari pimpinan kita yang sekarang. Dengan begitu akan tercipta kota yang penuh semangat dan kreatif berusaha,” ujar Edward DF yakin.

Sementara itu, Sekum KNPI Payakumbuh tidak menampik bahwa telah tercipta kesepakatan di seluruh KNPI di Sumbar, bahwa penerapan UU Nomor 40 tahun 2009 akan disegerakan. Diterapkannya UU itu akan menciptakan suasana organisasi yang kian dinamis dan bersemangat tinggi.

”Kalau Musda mini bisa kita lakukan. Hanya saja, tentu tidak mengaspirasi seluruhnya dan berlangsung sesuai AD/ART. Makanya, kita tunggu di 2015 nanti. Sambil kita minta agar KNPI dicairkan anggarannya secepatnya,” ujar Dipa Surya Persada.

SOLUTIF

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, sangat mendukung jika pemuda sebenar pemuda yang bergerak membangun kepemudaan di Payakumbuh. Tidak lagi, akunya, ada lagi organisasi kepemudaan yang diurus oleh orang-orang dewasa.

”Soal anggaran ini kan tidak jadi persoalan jika kita benar-benar mau untuk memajukan kepemudaan. Anggaran yang dibutuhkan sementara ini kan hanya untuk Musda saja. Komunikasikan dong dengan DPRD. Pertama sekali tentu dikomunikasikan dengan Disparpora Payakumbuh. Jika bisa, di APBD Perubahan bisa dianggarkan,” ungkap Walikota Riza Falepi dari ponselnya. Walikota sedang berada di Pekanbaru, menyaksikan pelaksanaan Ujian CPNS secara online (CAT).(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*