DPRD: Ekonomi Meningkat, Jumlah Ranmor Bertambah

Ketua DPRD Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam dan Walikota Pyk Riza Falepi ketika menghadiri acara Maulud Nabi Besar Muhammad SAW

Ketua DPRD Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam dan Walikota Riza Falepi.

Payakumbuh, PADANGTODAY.comPerkembangan dan pertumbuhan jumlah kendaraan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pembangunan dan peningkatan prasarana jalan. Hal ini merupakan bukti nyata membaiknya perkembangan perekonomian Kota Payakumbuh.

Akibatnya penggunaan jalan tidak sesuai dengan kapasitas yang tersedia dan sangat beresiko terhadap timbulnya kecelakaan lali lintas. Pemko Payakumbuh mengajukan Ranperda tentang perubahan Perda Nomor 07 tahun 2010 tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor ke DPRD untuk dijadikan Perda, “ujar Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dalam rapat paripurna di DPRD Payakumbuh.
Untuk mengantisipasi timbulnya bencana berupa kecelakaan lalu lintas dan atau kerusakan jalan dan infra struktur lainnya. Maka pengujian terhadap kendaraan bermotor wajib dilakukan sesuai dengan prosedur teknis yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Di samping memelihara keselamatan lalu lintas dan pemakai jasa angkutan kendaraan bermotor wajib uji, Pemerintah juga dapat memungut retribusi atas pengujian yang diberikan, dan merupakan salah satu penyumbang PAD guna menunjang pembangunan di daerah khususnya Kota Payakumbuh.
Perda tentang retribusi pengujian kendaraan bermotor telah ada sejak tahun 2010. “Oleh sebab itu ada beberapa hal yang ada dalam Perda tersebut yang tidak lagi sesuai dengan keadaan sekarang ini, sehingga perlu dilakukan penyesuaian, agar peraturan tersebut dapat mencapai tujuan yang telah digariskan pada awal pembentukannya,“ ujar Wako Riza Falepi.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*